Image of Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan PT. Tobindo Kencana

Skripsi

Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan PT. Tobindo Kencana



Perkembangan globalisasi dan teknologi kini telah merambah ke berbagai aspek kehidupan termasuk pada bidang bisnis dan ini berdampak pada semakin ketatnya persaingan. Perusahaan saat ini tidak hanya berfokus pada usaha mendapatkan pelanggan baru tapi mempertahankan pelanggan lama yang lebih potensial. Dalam mempertahankan pelanggan tentunya diperlukan hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggan. Salah satu strategi yang dapat diterapkan perusahaan adalah customer relationship management yang berfokus pada menjalin hubungan yang baik demi tercapainya kepuasan pelanggan dan akhirnya berdampak pada loyalitas pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer relationship management terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya pada loyalitas pelanggan di PT Tobindo Kencana. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode survey. Sampel yang diambil adalah sebanyak 114 responden dengan teknik non-probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner pada responden dan dianalisis mengunakan analisis jalur dengan bantuan software SPSS versi 23 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, CRM berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan CRM melalui kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT Tobindo Kencana.

Kata Kunci: Manajemen Hubungan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.



Ketersediaan

S00156K003/S1.MJ.SKP/2017-2018ManajemenTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
003/S1.MJ.SKP/2017-2018
Penerbit Universitas BSI : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail