Image of Analisis Efektivitas Pelaporan SPT Tahunan Menggunakan Sistem E-Filing Untuk Meningkatkan Kepuasan WPOP (Studi Pada KPP Pratama Majalaya)

Skripsi

Analisis Efektivitas Pelaporan SPT Tahunan Menggunakan Sistem E-Filing Untuk Meningkatkan Kepuasan WPOP (Studi Pada KPP Pratama Majalaya)



ABSTRAK
Ruslan Abdul Gani (65140031), “Analisis Efektivitas Pelaporan SPT Tahunan Menggunakan Sistem e-Filing Untuk Meningkatkan Kepuasan WPOP”.

Tingkat jumlah Pelaporan SPT Tahunan di KPP Majalaya mengalami fluktuasi pada 5 tahun terakhir dari tahun 2012 – 2016 dan Pelaporan SPT Tahunan menggunakan sistem e-Filing mengalami penurunan yang cukup signifikan pada tahun 2016 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah masih terjadi hambatan seperti error pada saat pelaporan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh hubungan antara efektivitas pelaporan SPT Tahunan menggunakan sistem e-Filing terhadap Kepuasan WPOP di KPP Pratama Majalaya. Penelitian ini dilakukan di KPP Pratama Majalaya dengan teknik insidental sampling. Responden yang diambil sebanyak 100 orang yaitu WPOP yang pernah melaporkan SPT Tahunannya menggunakan sistem e-Filing dari total populasi sebanyak 34.456 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan alat bantu software SPSS 21 for windows, penyebaran kuesioner, wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, efektivitas sistem e-Filing di KPP Pratama Majalaya berada pada kategori “Baik” dan Kepuasan WPOP berada pada kategori “Baik”. Terdapat pengaruh signifikan antara efektivitas sistem e-Filing terhadap kepuasan WPOP di KPP Pratama Majalaya. Semakin baik efektivitas sistem e-Filing, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan WPOP dalam pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Majalaya.
Kata Kunci : Efektivitas Sistem E-Filing, Kepuasan Wajib Pajak


Ketersediaan

S00522K014 / S1.AK.SKP / 2018-2019AkuntansiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
014 / S1.AK.SKP / 2018-2019
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail