Image of Peran Organizational Anggaran Di Tinjau Dari Partisipasi Anggaran Dan Senjangan Anggaran Pada PT. PINDAD (Persero)

Skripsi

Peran Organizational Anggaran Di Tinjau Dari Partisipasi Anggaran Dan Senjangan Anggaran Pada PT. PINDAD (Persero)



ABSTRAK

E. Deti Rosita (65140044), Peran Organizational Citizenship Behavior dalam Pengelolaan Anggaran Ditinjau dari Partisipasi Anggaran dan Senjangan Anggaran pada PT Pindad (Persero).

Proses penyusunan anggaran yang tidak optimal dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya senjangan anggaran. Namun, dengan organizational citizenship behavior (OCB) yang baik diharapkan mampu meningkatkan kinerja karyawan dalam partisipasi anggaran sehingga dapat mengurangi timbulnya kesenjangan anggaran. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran dan peran OCB dalam mengurangi dampak dari partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran pada PT Pindad (Persero). Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan tipe penelitian deskriptif verifikatif. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggaran tidak berpengaruh signifikan terhadap senjangan anggaran, serta OCB tidak dapat memoderasi pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran. Namun ditemukan hasil lain yang menunjukkan bahwa pada variabel OCB terdapat dimensi dan indikator yang paling kuat membangun variabel tersebut yaitu, dimensi Alturism dengan indikator meluangkan waktu untuk membantu orang lain dengan permasalahan pekerjaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan perusahaan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya senjangan anggaran sehingga pengelolaan anggaran akan lebih optimal.

Kata Kunci: Partisipasi anggaran, organizational citizenship behavior, senjangan anggaran


Ketersediaan

S00570K048 / S1.AK.SKP / 2018-2019AkuntansiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
048 / S1.AK.SKP / 2018-2019
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail