Image of Pengaruh Efesiensi Biaya Produksi dan Struktur Modal Terhadap Laba Usaha (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Industri Kertas dan Pulp di Bursa Efek Indonesia)

Skripsi

Pengaruh Efesiensi Biaya Produksi dan Struktur Modal Terhadap Laba Usaha (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Industri Kertas dan Pulp di Bursa Efek Indonesia)



ABSTRAK

Marina Salaswati (65130054), Pengaruh Efisiensi Biaya Produksi dan Struktur Modal terhadap Laba Bersih (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Industri Kertas & Pulp di Bursa Efek Indonesia)

Kondisi profitabilitas perusahaan sub sektor industri kertas dan pulp selama 5 tahun terakhir tidak mengalami pertumbuhan dan bahkan cenderung mengalami penurunan. Pergerakan laba bersih yang fluktuatif menurun ke arah negatif ini menunjukkan adanya ketidakefisienan biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Penurunan laba bersih perusahaan sub sektor industri kertas dan pulp juga disebabkan karena adanya kenaikan biaya keuangan. Biaya keuangan semakin tinggi apabila perusahaan menambah jumlah utangnya untuk mendanai operasional perusahaan. Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh efisiensi biaya produksi dan struktur modal terhadap laba usaha pada perusahaan sub sektor industri kertas dan pulp di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012 sampai dengan tahun 2016.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan sampel laporan keuangan dari 9 perusahaan sub sektor industri kertas dan pulp yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama kurun waktu 5 tahun terakhir. Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa efisiensi biaya produksi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap laba usaha dan struktur modal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap laba usaha. Dari hasil pengujian secara simultan, efisiensi biaya produksi dan struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba usaha.

Kata Kunci: Efisiensi Biaya Produksi, Struktur Modal, Laba Usaha


Ketersediaan

T00008S038/S1.AK.SKP/2017-2018AkuntansiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
038/S1.AK.SKP/2017-2018
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail