Image of METODE KOMUNIKASI DAKWAH TASAWUF TAREKAT IDRISIYYAH
(Studi Etnografi Virtual Bagaimana Metode Komunikasi Dakwah Tasawuf Dalam Jejaring Media Sosial Facebook di Tarekat Idrisiyyah)

Skripsi

METODE KOMUNIKASI DAKWAH TASAWUF TAREKAT IDRISIYYAH (Studi Etnografi Virtual Bagaimana Metode Komunikasi Dakwah Tasawuf Dalam Jejaring Media Sosial Facebook di Tarekat Idrisiyyah)



ABSTRAK
M Renaldi Azkia, 45140092, 2018. Dakwah merupakan bagian terpenting dalam penyebaran agama islam, sehingga dalam perkembangannya dakwah telah melahirkan berbagai metode yang variatif dari dakwah konvensional menjadi dakwah virtual. Konteks masalah penelitian ini mengenai metode dakwah virtual, dengan fokus kajian meliputi prinsip dasar, ketentuan dan teknik komunikasi dakwah tasawuf dalam jejaring media sosial facebok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual dan menggunakan teori interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh oleh peneliti adalah metode komunikasi dakwah yang diterapkan di tarekat idrisiyyah tetap pada tujuan yang sama yaitu menyebarkan syiar islam namun dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menggunakan media digital, hanya saja peran media digitalnya lebih mereka kedepankan karena itu adalah metode dakwah yang dirasa efektif karena jangkauannya yang semakin luas dan mudah dalam penyebarannya, tetapi juga sepadang dengan resikonya dan kekuatan keberadaan media digitalnya yang pada akhirnya menjadi cara yang lebih baik untuk menyebarkan syiar islam dalam kajian komunikasi dakwah di era digital.
Kata kunci : Komunikasi Dakwah, Tasawuf, Media Sosial Facebook, Etnografi Virtual


Ketersediaan

S00688K001 / S1.KM.SKP / 2018-2019Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
001 / S1.KM.SKP / 2018-2019
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail