Image of Perilaku Komunikasi pelajar smp non suku sunda dalam menerapkan rebo nyunda (studi fenomenologi tentang pengalaman adaptasi budaya pelajar smp non suku sunda dalam menerapkan rebo nyunda di kota bandung)

Skripsi

Perilaku Komunikasi pelajar smp non suku sunda dalam menerapkan rebo nyunda (studi fenomenologi tentang pengalaman adaptasi budaya pelajar smp non suku sunda dalam menerapkan rebo nyunda di kota bandung)



ABSTRAK Perilaku komunikasi seseorang akan menjadi kebiasaan bagi pelakunya, seperti pelajar SMP non suku Sunda yang harus menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan suatu kebudayaan baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengalaman adaptasi budaya pelajar SMP non suku Sunda dalam menerapkan Rebo Nyuda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa makna Rebo Nyunda bagi pelajar tersebut adalah mengenalkan kebudayaan baru, melestarikan serta memiliki tanggapan yang positif dalam membantu beradaptasi terhadap kebudayaan baru. Pengalaman mempelajari dan memahami kegiatan Rebo Nyunda yaitu ikut berpartisipasi dalam kegiatannya, berbaur dengan teman-temanya dengan menggunakan bahasa Sunda walaupun logat dan intonasi masih kental akan kebudayaan asalnya. Serta pelajar non suku Sunda memaknai dirinya dengan menjalin hubungan baik bersama teman-temannya dengan intens menggunakan bahasa Sunda agar komunikasi berjalan lancar. Kata Kunci : Budaya, Rebo Nyunda, Pengalaman


Ketersediaan

S00697K005 / S1.KM.SKP / 2018-2019Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
005 / S1.KM.SKP / 2018-2019
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail