Image of Ritual Mitembian Masyarakat Adat Kampung Pulo (Studi Etnografi Komunikasi tentang Aktivitas Komunikasi Ritual Mitembian Masyarakat Adat Kampung Pulo sebagai Komunikasi Transendental)

Skripsi

Ritual Mitembian Masyarakat Adat Kampung Pulo (Studi Etnografi Komunikasi tentang Aktivitas Komunikasi Ritual Mitembian Masyarakat Adat Kampung Pulo sebagai Komunikasi Transendental)



ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang aktivitas komunikasi pada rangkaian ritual mitembian di masyarakat Adat Kampung Pulo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi Etnografi. Studi tersebut berfokus pada aktivitas komunikasi nonverbal pada ritual mitembian (penanaman padi). Paradigma yang digunakan adalah konstruktivis ditunjang dengan teori interaksi simbolik. Hasil penelitian ini meliputi tiga sub yaitu latar belakang ritual mitembian sebagai simbol keyakinan masyarakat adat, komponen komunikasi ritual sebagai simbol komunikasi ritual, dan pola komunikasi masyarakat adat kampung pulo dalam ritual mitembian. Latar belakang ritual mitembian meliputi berbagai proses ritual dan syarat-syarat penanaman. Syarat tersebut dilakukan sebagai simbol keyakinan masyarakat adat. Komponen komunikasi ritual meliputi pesan yang disampaikan, nilai kebersamaan pada saat niiskeun pare dan tujuan ritual sebagai ungkapan rasa syukur. Pola komunikasi menghasilkan penyampaian informasi mengenai ritual mitembian. Aktivitas ritual mitembian merupakan suatu komunikasi yang dilakukan manusia dengan Tuhannya melalui media ritual. Sehingga penelitian ini menghasilkan komunikasi transendental.
Kata Kunci : Studi Etnografi, Aktivitas Komunikasi, Komunikasi Transendental


Ketersediaan

S00706K007/S1.KM.SKP/2017-2018Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
007/S1.KM.SKP/2017-2018
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail