Image of Kreativitas dalam Membuat Skenario Film Anak (Studi Naratif Biografi Harry Dagoe Sebagai Penulis Skenario Film Bersegmentasi Anak di Indonesia)

Skripsi

Kreativitas dalam Membuat Skenario Film Anak (Studi Naratif Biografi Harry Dagoe Sebagai Penulis Skenario Film Bersegmentasi Anak di Indonesia)



ABSTRAK

KREATIVITAS DALAM MEMBUAT SKENARIO FILM ANAK, Studi Naratif Biografi Harry Dagoe Sebagai Penulis Skenario Film Bersegmentasi Anak di Indonesia. Penelitian ini membahas mengenai riwayat dan pengalaman Harry Dagoe dalam berkreativitas dibidang penulisan skenario, yaitu skenario film bersegmentasi anak, mulai dari dinamika, proses kreatif, hingga perkembangan film bersegmentasi anak di Indonesia. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi naratif biografi yang mengkaji biografi Harry Dagoe dan proses kreativitasnya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi naratif biografi. Peneliti menggunakan teori konvergensi simbolik yang mengkaji bahwa manusia merupakan mahluk yang saling bertukar cerita atau narasi yang menggambarkan pengalaman dan realitas sosialnya. Penelitian ini menghasilkan bahwa proses kreatifnya dimulai ketika Harry Dagoe membuat film berjudul Happy Ending pada tahun 1996, dan dari film tersebut Harry Dagoe mendapatkan banyak penghargaan di luar negeri, salah satunya pada 1st Pusan International Film Festival sebagai The Outstanding Short Film, hobi menulis skenario pun menjadi alasan Harry Dagoe untuk terjun di dunia penulisan skenario. Harry Dagoe tertarik untuk menulis skenario film bersegmentasi anak adalah dari sifat anak-anak yang cenderung sulit ditebak, menarik, serta memiliki dunianya sendiri dan menurutnya sangat menarik jika dijadikan sebuah skenario film. Menurut Harry Dagoe, identitas film Indonesia belum terbentuk dan tidak memiliki kejelasan dengan munculnya film-film baru dengan unsur kreativitas yang masih kurang, pada era sekarang film indonesia yang ada di FFI (Festival Film Indonesia) tidak memiliki kejelasan mengenai identitas yang dicapai, khususnya film bersegmentasi anak.

Kata Kunci: Kreativitas, Penulis Skenario, Studi Naratif


Ketersediaan

S00712K009/S1.KM.SKP/2017-2018Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
009/S1.KM.SKP/2017-2018
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail