Image of Pengaruh Skenario Film Dokumenter

Skripsi

Pengaruh Skenario Film Dokumenter ""Master Pieces"" Terhadap Empati Masyarakat kepada Kaum Marjinal (Studi Kuantitatif Skenario Film Dokumenter ""Master Pieces"" Terhadap Empati Masyarakat kepada Kaum Marjinal di Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok)



ABSTRAK

Kurniawati (45160140), Pengaruh Skenario Film Dokumenter “Master Pieces” Terhadap Empati Masyarakat Kepada Kaum Marjinal (Studi Kuantitatif Skenario Film Dokumenter “Master Pieces” Terhadap Empati Masyarakat Kepada Kaum Marjinal di Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok)

Film dokumenter “Master Pieces” film yang menceritakan kehidupan warga belajar sekolah Master dan permasalahan penggusuran sebagian lahan sekolah oleh pemerintah guna membangun infrastruktur bangunan Terminal Terpadu Kota Depok. Agar pesan film ini dapat disampaikan kepada penonton, sebuah film harusnya memiliki skenario yang baik. Skenario yang dapat menyampaikan tentu saja selanjutnya dapat memberikan stimulus yang dapat memunculkan reaksi langsung dari penonton. Kualitas skenario film yang baik dimungkinkan dapat meningkatkan empati masyarakat terhadap warga sekolah master tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skenario film dokumenter “Master Pieces” terhadap empati masyarakat dengan sampel sebanyak 130 responden yang diambil secara acak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitaif dengan metode deskriptif verifikatif dengan analisa regresi linear berganda. Di dapat hasil penelitian yang menyatakan bahwa pengaruh sinematografi, tata suara dan narasumber berkontribusi sebesar 30,2% sedangkan sisanya 69,8% menyatakan bahwa empati masyarakat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Baiknya kualitas skenario ditentukan oleh sinematografi yang baik, tata suara yang sesuai dan narasumber yang tepat. Semakin baik tingkat kualitas sebuah skenario, maka semakin tinggi peluang keberhasilan meningkatkan empati.

Kata Kunci : Skenario, Empati, Marjinal


Ketersediaan

S00744K038/S1.KM.SKP/2017-2018Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
038/S1.KM.SKP/2017-2018
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail