Image of MAVECS Sebagai Media Pembelajaran Seni Basic Teater pada Anak Autis (Studi Fenomenologi Pengalaman Pelatihan dan Terapis Menggunakan MAVECS (Media Audio Visual Exchange Communication System) Sebagai Media Pembelajaran Seni Teater Dasar untuk Anak Autis)

Skripsi

MAVECS Sebagai Media Pembelajaran Seni Basic Teater pada Anak Autis (Studi Fenomenologi Pengalaman Pelatihan dan Terapis Menggunakan MAVECS (Media Audio Visual Exchange Communication System) Sebagai Media Pembelajaran Seni Teater Dasar untuk Anak Autis)



ABSTRAK

FUJI BARSYA PERMANA, 45130054, 2017, MAVECS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI TEATER PADA ANAK AUTIS, kajian Ilmu Komunikasi dengan Studi Fenomenologi Pengalaman Pelatih dan Terapis Menggunakan MAVECS (Media Audio Visual Exchange Communication System) Sebagai Media Pembelajaran Seni Teater Dasar Untuk Anak Autis. Penelitian ini mengemukakan tentang bagaimana memberikan pemhaman mengenai MAVECS, proses implementasi MAVECS, hambatan dalam implementasi MAVECS dalam melatih seni teater di inklusi Bandung. Ditemukan sebuah fakta di lapangan tentang Pengalaman Pelatih dan Terapis Menggunakan MAVECS sebagai media pembelajaran seni teater pada anak autis, maka dari itu Peneliti menggunakan penelitian ini untuk mencari proses pemahaman, proses, dan hambatan implementasi MAVECS dalam melatih seni teater di SLBN Bandung. Tujuannya untuk memberikan referensi baru tentang kegiatan pembelajaran seni teater pada anak autis. Penelitian ini menggunakan kajian teoritis konsep Presentasi Diri dengan penerapan teori Self-Presentation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Sehingga, penelitian ini menghasilkan bahwa terapis dan pelatih tidak mengalami kesulitan dalam melatih seni teater kepada anak autis dengan menggunakan media pembelajaran MAVECS, namun terapis dan pelatih mengalami kesulitan jika menggunakan media PECS yaitu media sebelumnya yaitu proses recall yang memang harus dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada anak autis.

Kata Kunci: MAVECS, Anak Autis, Media Pembelajaran, Dasar Seni Teater.


Ketersediaan

S00785K017/S1.KM.SKP/2017-2018Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
017/S1.KM.SKP/2017-2018
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail