Image of Strategi Komunikasi Komunitas Punklung dalam Membangun Image Positive di Masyarakat (Studi Kasus pada Komunitas Punklung di Masyarakat Parakan Muncang Kabupaten Sumedang)

Skripsi

Strategi Komunikasi Komunitas Punklung dalam Membangun Image Positive di Masyarakat (Studi Kasus pada Komunitas Punklung di Masyarakat Parakan Muncang Kabupaten Sumedang)



ABSTRAK

YUDI FIRMANSYAH, 45130029, 2017, STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS PUNKLUNG DALAM MEMBANGUN IMAGE POSITIVE DI MASYARAKAT, (Studi Kasus Pada Komunitas Punklung Di Masyarakat Parakan Muncang Kabupaten Sumedang). Punklung merupakan komunitas yang berpenampilan punk. Komunitas punklung yang berpenampilan punk pada awalnya dipandang negatif oleh masyarakat. Komunitas punklung berusaha membangun kembali budaya lokal yaitu calung sehingga mengubah pandangan negatif masyarakat terhadap komunitas punklung menjadi pandangan yang baik. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi perencanaan pesan, pendekatan komunikasi dan pemilihan media yang digunakan komunitas punklung dalam membangun image positive di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dimana fenomena individu beserta masalah yang dihadapinya dapat terselesaikan dan memperoleh perkembangan diri yang baik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh peneliti adalah bahwa dalam membangun image positive komunitas punklung, hal pertama dengan melakukan empat langkah dalam strategi komunikasi perencanaan pesan yang dapat mempengaruhi persepsi masyarakat yaitu tujuan (objective), aksi (action), sumber daya (resource), dan pelaksanaan (implementation). Kedua dalam strategi pendekatan komunikasi dengan menggunakan bahasa verbal dan non verbal yaitu dengan memperlihatkan senyuman dan bahasa yang sopan, masyarakat akan menghargai setiap informasi mengenai calung yang disampaikan oleh komunitas punklung. Ketiga dalam strategi komunikasi dengan pemilihan media yaitu dengan menggunakan media sosial seperti instagram, facebook, dan youtube untuk memperlihatkan aktifitas komunitas punklung dan juga eksistensi mereka dalam menjaga kearifan lokal

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunitas Punklung, Calung, Image Positive.


Ketersediaan

S00798K054/S1.KM.SKP/2017-2018Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
054/S1.KM.SKP/2017-2018
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : Universitas BSI Bandung.,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail