Image of Etnografi Komunikasi pada Komunitas Punklung (Studi Etnografi Komunikasi pada Pendekatan Komunikasi Melalui Seni Budaya Calung pada Komunitas Punklung)

Skripsi

Etnografi Komunikasi pada Komunitas Punklung (Studi Etnografi Komunikasi pada Pendekatan Komunikasi Melalui Seni Budaya Calung pada Komunitas Punklung)



ABSTRAK
IMAM MUHTAROM, 45130018, 2017, ETNOGRAFI KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS PUNKLUNG, Studi Kualitatif tentang Etnografi Komunikasi pada Komunitas Punklung. Penelitian ini berawal dari keingintahuan peneliti mengenai bagaimana sekelompok orang berkomunikasi dalam sebuah komunitas anak punk. Komunitas yang dinamai Punklung ini melestarikan Calung yang merupakan alat musik tradisional daerah Sunda dengan menggunakan atribut punk. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi komunitas Punklung tatkala berkomunikasi kepada pihak-pihak yang sering terkait langsung dengan komunitas Punklung. Untuk menjawab permasalahan diatas, peneliti mengunakan jenis penelitian etnogarafi komunikasi dengan pendekatan studi kualitatif tentang etnografi komunikasi. Data-data yang diperlukan untuk mengambarkan gaya komunikasi, pengelolaan pesan dan nilai-nilai sosial diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Hasil dari penelitian diketahui bahwa gaya komunikasi dalam komunitas Punklung tergantung pada ciri khas masing-masing setiap individu yang menjadi anggota komunitas tersebut.
Kata Kunci: Etnogarafi komunikasi, Punk, Calung, Komunitas Punklung.


Ketersediaan

S00815K058/S1.KM.SKP/2017-2018Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
058/S1.KM.SKP/2017-2018
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : Universitas BSI Bandung.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail