Image of Representasi Kampung Adat Cikondang Sebagai Desa Wisata Budaya(Studi Naratif tentang Kampung Adat Cikondang Sebagai Desa Wisata Budaya di Kabupaten Bandung)

Skripsi

Representasi Kampung Adat Cikondang Sebagai Desa Wisata Budaya(Studi Naratif tentang Kampung Adat Cikondang Sebagai Desa Wisata Budaya di Kabupaten Bandung)



ABSTRAK

Azi Zamaludin (45140026), Representasi Kampung Adat Cikondang Sebagai Desa Wisata Budaya (Studi Naratif Tentang Kampung Adat Cikondang Sebagai Desa Wisata Budaya Di Kabupaten Bandung). Kampung adat cikondang merupakan kampung adat yang masih menjaga kelestarian budaya dan warisan nenek moyang serta terdapat peninggalan seperti rumah adat dan kesenian yang memiliki potensi sebagai destinasi desa wisata budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan identitas kampung adat cikondang, makna budaya bagi masyarakat kampung adat cikondang dan peran kepala adat dalam mensosialisasikan kampung adat cikondang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Hasil yang diperoleh peneliti adalah bahwa identitas kampung adat cikondang memiliki sejarah kebudayaan, hukum adat yang berlaku, upacara adat dan istiadat, dan tradisi yang masih dilestarikan. Kedua, makna budaya bagi masyarakat kampung adat cikondang adalah meliputi kebiasaan dan saling mengingatkan dalam bentuk kebaikan yang menjadi pedoman dikampung cikondang. Ketiga, peran kepala adat dalam mensosialisasikan kampung adat tidak memiliki program khusus hanya dalam mensosialisasikan kepada masyarakat kampung adat cikondang untuk tetap melestarikan adat dan tradisi yang masih dilaksanakan secara turun temurun dikampung adat cikondang.

Kata kunci: Kampung adat, Cikondang, Wisata Budaya.


Ketersediaan

S00837K044 / S1.KM.SKP / 2018-2019Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
044 / S1.KM.SKP / 2018-2019
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail