Image of Strategi Komunikasi Ketua Adat dalam melestarikan kesenian beluk (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi tentang strategi komunikasi ketua adat dalam melestarikan kesenian beluk di kampung adat cikondang pangalengan jawa Barat)

Skripsi

Strategi Komunikasi Ketua Adat dalam melestarikan kesenian beluk (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi tentang strategi komunikasi ketua adat dalam melestarikan kesenian beluk di kampung adat cikondang pangalengan jawa Barat)



ABSTRAK Strategi Komunikasi, Ketua Adat, Seni Beluk

ROSWIDA, 45140023, 2018
STRATEGI KOMUNIKASI KETUA ADAT DALAM MELESTARIKAN KESENIAN BELUK DI KAMPUNG ADAT CIKONDANG, (Studi Deskriptif Kualitatif tentan Strategi Komunikasi Ketua Adat dalam Melestarikan Kesenian Beluk di Kampung Adat Cikondang Pangalengan Jawa Barat).
Seni beluk adalah seni tradisional dari kampung adat Cikondang yang melantunkan pupuh sunda dengan suara yang di keraskan. Ketua adat melakukan suatu strategi yang bertujuan untuk melestarikan kesenian beluk dengan cara mengajak generasi muda di kampung adat Cikondang menjadi pemain seni beluk sebagai generasi penerus selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi perencanaan pesan, menetapkan metode penyampaian pesan dan sosialisasi kesenian beluk yang digunakan oleh ketua adat dalam melestarikan kesenian beluk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan studi deskriptif kualitatif juga di dasari dengan dua teori perencanaan dan interaksi simbolik. Peneliti mendapatkan hasil, ada beberapa langkah untuk menjalankan strategi komunikasi dengan perencanaan pesan yaitu menetapkan tujuan, menentukan isi pesan, penggunaan kata-kata yang sederhana dan memahami komunikan. Kedua dalam strategi komunikasi harus menentukan metode penyampaian pesan yang tepat dan efektif yaitu metode redudency dan canalizing. Ketiga adalah sosialisasi kepada masyarakat agar diketahui oleh banyak orang. Dari sosisalisasi tersebut terdapat bentuk sosialisasi primer dengan menanamkan nilai-nilai budaya yaitu melestarikan kesenian beluk melalui komunikasi dua arah.
Kata Kunci:


Ketersediaan

S00838K045 / S1.KM.SKP / 2018-2019Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
045 / S1.KM.SKP / 2018-2019
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail