Image of Kajian Visual Iklan Pocari Sweat Versi JKT48 Tennis Tahun 2014

Skripsi

Kajian Visual Iklan Pocari Sweat Versi JKT48 Tennis Tahun 2014



ABSTRAK
Shendy Indriawan (75130007), Kajian Visual Iklan Pocari Sweat Versi JKT48 “Tennis” Tahun 2014
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan makna dibalik tanda-tanda yang digunakan pada iklan dengan menggunakan analisis semiotika dalam model Charles Sanders Pierce, dan menyingkap pesan yang disampaikan dalam iklan Pocari Sweat versi JKT48 “tennis” tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode interpretatif dengan pendekatan kualitatif yang memfokuskan tanda dan teks sebagai objek kajiannya, sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa temuan tanda dalam iklan Pocari Sweat versi JKT48 “tennis” tahun 2014 yaitu, tanda ikon, sosok perempuan, botol Pocari Sweat beserta logonya, tanda indeks, suasana langit yang cerah dan ekspresi perempuan yang tersenyum, tanda simbol, makna dari sebuah warna yang didominasi dengan warna biru. Pesan yang disampaikan terdapat pada iklan yaitu Go Sweat, Go Ion yang berarti suatu gaya hidup tentang kebiasaan berolahraga dan bergerak yang membuat tubuh menjadi segar dan semangat kembali. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian iklan adalah metode visual, metode kajian visual dan metode semiotika. Terdapat beberapa faktor positif dalam iklan yaitu pemilihan gambar, konsep, layout dan background sangat jelas dan bagus, sedangkan faktor negatifnya yaitu terdapat komunikasi yang disampaikan bersifat hyperbola.

Kata kunci : Semiotika, Iklan, Pocari Sweat, JKT48


Ketersediaan

S00897K012/S1.DKV.SKP/2017-2018Desain Komunikasi VisualTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
012/S1.DKV.SKP/2017-2018
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail