Image of Penerapan Algoritma Naïve Bayes Classifier Untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan Terhadap Produk Smartphone Xiaomi

Skripsi

Penerapan Algoritma Naïve Bayes Classifier Untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan Terhadap Produk Smartphone Xiaomi



ABSTRAKSI


Ina Yuliyani (16170124), Penerapan Algoritma Naive Bayes Classifier Untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan Terhadap Produk Smartphone Xiaomi.

Database dalam jumlah yang besar merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki perusahaan. Dalam pemasarannya, CV. Mobile Plaza Indonesia sebagai perusahaan ritel yang menjual berbagai macam smartphone di kota Bandung haruslah memiliki strategi yang mampu menghasilkan suatu informasi yang siap digunakan untuk membantu pihak marketing. Dengan mengetahui minat beli pelanggan terhadap suatu produk dapat mempermudah manajemen stok sehingga tidak terjadi kekosongan atau kelebihan produk yang dapat merugikan perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan pemanfaatan database perusahaan menggunakan teknik data mining. Metode yang digunakan adalah naive bayes classifier yang mengklasifikasi produk yang diminati dan kurang diminati. Variabel yang digunakan adalah nama produk, RAM dan harga produk. Dalam penelitian ini didukung dengan software RapidMiner untuk pengolahan data dan menggunakan confusion matrix dan ROC Curve untuk mengetahui tingkat akurasi. Hasil dari penelitian ini agar dapat memprediksi peminatan pelanggan terhadap produk yang dijual sehingga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan strategi pemasaran dan penentuan stok di masa yang akan datang.

Kata kunci: CV. Mobile Plaza Indonesia, Data mining, Minat beli, Stok.


Ketersediaan

S00936K005 /S1.SI.SKP/2018-2019PerpustakaanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
005 /S1.SI.SKP/2018-2019
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : Universitas BSI Bandung.,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail