Image of Optimasi Sentimen Media Sosial Instagram Menggunakan Metode Naïve Bayes Berbasi PSO (Studi Kasus : Komentar Publik Instagram Page Jd.id)

Skripsi

Optimasi Sentimen Media Sosial Instagram Menggunakan Metode Naïve Bayes Berbasi PSO (Studi Kasus : Komentar Publik Instagram Page Jd.id)



ABSTRAKSI

Ai Sri Astuti (16170134), Optimasi Sentimen Media Sosial Instagram Menggunakan Metode Naive Bayes berbasis PSO (Studi kasus: Komentar Publik Pada Instagram Page JDID).
Sosial media merupakan media hiburan yang sangat menyita waktu dan perhatian para penggunanya. Tidak hanya hiburan semata, sosial media juga merupakan suatu alat untuk berbagi informasi seputar politik, agama, budaya, maupun penjualan produk secara online (e-commerce). Pemasaran sebuah produk atau penyampaikan informasi sangatlah penting untuk meningkatkan minat konsumen dan pengetahuan akan suatu produk melalui sosial media. Seperti hal nya JDID, pemasaran produk tersebut dilakukan menggunakan sosial media instagram. Dimana instagram merupakan sosial media yang paling sering di akses. Untuk mengetahui apakah suatu produk dapat diterima dengan baik oleh konsumen, maka diterapkan suatu analisis sentimen menggunakan metode naive bayes (NB) dengan menyeleksi fitur-fitur yang dirasa tidak diperlukan menggunakan particle swarm optimization (PSO) yang berfungsi untuk mengetahui feedback dari pemasaran atau penyebaran informasi di kalangan masyarakat. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode tersebut adalah feedback sentimen negatif dengan presentasi sebesar 89.00% dan feedback sentimen positif sebesar 11.00%.

Kata Kunci : Analisis Sentimen, Instagram, Naive Bayes


Ketersediaan

S00946K018 /S1.SI.SKP/2018-2019PerpustakaanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
018 /S1.SI.SKP/2018-2019
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : Universitas BSI Bandung.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail