Image of Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Minat Untuk Menggunakan Bitcon Sebagai Pembayaran Elektronik Dengan Metode TAM

Skripsi

Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Minat Untuk Menggunakan Bitcon Sebagai Pembayaran Elektronik Dengan Metode TAM



ABSTRAK

Dewi Kusniasih (16170084), Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Minat Untuk Menggunakan Bitcoin Sebagai Pembayaran Elektronik Menggunakan Metode TAM (Studi Kasus: PT.Indodax Nasional Indonesia).

Hadirnya bitcoin menimbulkan pro dan kontra di berbagai negara termasuk Indonesia. Nilai bitcoin yang fluktuatif dan pemerintah belum optimal dalam melakukan perlindungan hukum bagi penggunanya, sehingga terhambatnya dukungan terhadap inovasi teknologi tersebut. Perlu dilakukan analisa untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat untuk menggunakan bitcoin sebagai pembayaran elektronik. Objek penelitian adalah pengguna bitcoin pada PT. Indodax Nasional Indonesia. Variabel yang digunakan meliputi variabel dependen yaitu intention to use dan variabel independen yaitu perceived ease of use, perceived usefulness, trust, dan risk. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode technology acceptance model (TAM). Data dikumpulkan melalui metode kuesioner pada 100 responden pengguna bitcoin di PT. Indodax Nasional Indonesia menggunakan metode random sampling dimana pengambilan sampel dilakukan secara acak. Analisis data yang diperoleh menggunakan analisa deskriptif kuantitatif. Analisa kuantitatif meliputi uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolineritas, dan uji heteroskedasitas. Dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji f dan uji R square. Hasil analisis menunjukan variabel independen berpengaruh signifikan positif pada intention to use dengan tingkat hubungan pada perceived ease of use sebesar 4,6%, perceived usefulness sebesar 4,7%, trust sebesar 14,4%, dan risk sebesar 3,1%. Variabel-variabel independen mampu menerangkan 89,7% mengenai niat untuk menggunakan pengguna bitcoin di PT. Indodax Nasional Indonesia.

Kata Kunci: Bitcoin, Pembayaran, TAM, Variabel


Ketersediaan

S01042K064 /S1.SI.SKP/2018-2019PerpustakaanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
064 /S1.SI.SKP/2018-2019
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : Universitas BSI Bandung.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail