Image of PERANCANGAN ANIMASI 3D “KADÉ!!!” UNTUK MENGGUGAH KESADARAN ANIMATOR PEMULA TERHADAP PENTINGNYA HKI

Skripsi

PERANCANGAN ANIMASI 3D “KADÉ!!!” UNTUK MENGGUGAH KESADARAN ANIMATOR PEMULA TERHADAP PENTINGNYA HKI



ABSTRAK

Abdurrahman Halim (75150003), Perancangan Animasi 3D “KADÉ!!!” Untuk Menggugah Kesadaran Animator Pemula Terhadap Pentingnya HKI.

Pembuatan animasi bisa dilakukan secara individu maupun kelompok, ada yang bertujuan untuk komersial maupun non-komersial. Namun, dibalik pembuatan proyek animasi tersebut banyak animator khususnya animator pemula yang belum menyadari terhadap pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada suatu karya, sehingga beberapa diantaranya mengambil karya orang lain tanpa se-izin pemilik ataupun tidak mencantumkan sumber dan kemudian sedikit dimodifikasi lalu mengunggahnya ke sosial media ataupun menjualnya sehingga ada orang lain dengan mudah untuk mengakui karya tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis merancang suatu animasi 3D yang berisikan informasi dan himbauan melalui video animasi 3D yang bercerita mengenai pentingnya Hak Kekayaan Intelektual dimana informasi yang disampaikan berasal dari hasil data wawancara bersama Lembaga HKI dan Studio Nusaedu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan Observasi, Wawancara dan Studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa begitu banyak animator pemula yang kurang pemahaman mengenai Hak Kekayaan Intelektual, dengan begitu, tujuan dari perancangan ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya animator pemula agar berhati-hati terhadap karya yang telah dibuatnya.

Kata Kunci: Animasi, Film, Hak Kekayaan Intelektual, Hak Cipta.


Ketersediaan

S01457K001 / S1.DKV.SKP / 2019 - 2020PerpustakaanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
001 / S1.DKV.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail