Image of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAKTU TUNGGU DI IGD RUMAH SAKIT DI BANDUNG

Skripsi

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAKTU TUNGGU DI IGD RUMAH SAKIT DI BANDUNG



Waktu tunggu merupakan indikator penting mutu pelayanan kegawatdaruratan, semakin cepat waktu yang digunakan maka semakin besar harapan hidup pasien.Waktu tunggu yang lama mengakibatkan penumpukan pasien, alur pelayanan terhambat, dan ketidakpuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas SDM, kuantitas SDM dan kuantitas peralatan terhadap waktu tunggu pasien di IGD. Desain penelitian menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan cross-sectional. Populasi untuk variabel faktor adalah semua tenaga kesehatan yaitu perawat dan bidan, sedangkan populasi untuk variabel waktu tunggu adalah semua pasien yang datang ke IGD Rumah Sakit di Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 32 orang tenaga kesehatan dan 124 pasien observasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner RISNAKES 2017 untuk menganalisis kualitas SDM, dan lembar observasi untuk menganalisis waktu tunggu, faktor kuantitas SDM dan peralatan. Analisis data menggunakan analisis univariate distribusi frekuensi, analisis bivariat korelasi Pearson Product Moment dan analisis multivariat regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata waktu tunggu termasuk dalam kategori cepat (2:08:09) meliputi waktu tanggap (02:12), waktu tunggu pelayanan (WTP) laboratorium (51:48), WTP radiologi (28:56) dan WTP farmasi (08:57). Analisis bivariat didapatkan hubungan kualitas SDM dengan waktu tunggu adalah tidak signifikan (p=0.445), hubungan kuantitas SDM dengan waktu tunggu adalah tidak signifikan (p=0.524) dan hubungan kuantitas peralatan dengan waktu tunggu adalah tidak signifikan (p=0.351). Analisis multivariat didapatkan pengaruh ketiga faktor terhadap waktu tunggu secara bersama-sama adalah tidak signifikan (p=0.502) dan nilai variansi atau keragaman waktu tunggu sebesar 7.9% (R2=0.079). Berdasarkan penelitian ini disarankan agar rumah sakit menyelenggarakan survei kepuasan pelanggan terkait managemen kegawatdaruratan yaitu faktor-faktor yang menyebabkan waktu tunggu lama serta mengadakan supervisi kepada tenaga kesehatan mengenai hambatan dalam pelaksanaan pelayanan kegawatdaruratan di IGD.


Ketersediaan

S01501K027 / S1.KP.SKP / 2019 - 2020Ilmu KeperawatanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
027 / S1.KP.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail