Image of ANALISIS UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, INTENSITAS MODAL DAN INTENSITAS PERSEDIAAN TERHADAP TINGKAT AGRESIVITAS PAJAK
(Studi kasus pada perusahaan Subsektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

Skripsi

ANALISIS UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, INTENSITAS MODAL DAN INTENSITAS PERSEDIAAN TERHADAP TINGKAT AGRESIVITAS PAJAK (Studi kasus pada perusahaan Subsektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)



ABSTRAK


Deri Krismawan (65150073), Analisis Ukuran Perusahaan, Leverage, Intensitas Modal dan Intensitas Persediaan Terhadap Tingkat Agresivitas Pajak (Studi kasus pada perusahaan Subsektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2018)


Awal tahun 2019, pemerintah merencanakan penurunan tarif PPh Badan, sedangkan tax ratio Indonesia masih dikategorikan kecil. PPh Badan menjadi sektor penerimaan PPh terbesar, tetapi kinerjanya masih dalam kategori belum memenuhi ekspektasi. Hal ini dapat terjadi ketika perusahaan agresif terhadap pajak guna mempertahankan labanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai tingkat agresivitas pajak perusahaan melalui ukuran perusahaan, leverage, intensitas modal dan intensitas persediaan. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan sumber data sekunder, berbentuk data panel, berjenis statistik inferensial parametris, yang pengujiannya dilakukan pada sampel perusahaan subsektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, baik ukuran perusahaan, leverage, intensitas modal dan intensitas persediaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap tingkat agresivitas pajak, tetapi bila secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan. Setiap perusahaan dipastikan agresif terhadap pajak, tetapi perlu dibedakan kategori dalam hal agresivitasnya masih dalam tindakan yang legal sesuai aturan atau sudah mengindikasikan ke tindakan penggelapan pajak yang termasuk tindakan illegal. Adanya pengaruh secara simultan sedangkan secara parsial tidak ada pengaruh, mengindikasikan bahwa dalam menentukan ada tidaknya agresivitas pajak perusahaan memerlukan pertimbangan yang rumit. Hal ini dikarenakan pajak mempertimbangkan segala hal berkaitan dengan seluruh kegiatan usaha perusahaan dalam penentuan pajak terutang, besar pembayaran pajak dan kegiatan pelaporannya.


Kata Kunci: ukuran perusahaan, leverage, intensitas modal, intensitas persediaan, agresivitas pajak


Ketersediaan

S01509K066 / S1.AK.SKP / 2019 - 2020PerpustakaanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
066 / S1.AK.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail