Image of Manajemen Aset (Inventaris, Legal Audit, dan Penilaian Aset) Terhadap Optimalisasi Aset Pada PT Kereta Api Indonesia (PERSERO)

Skripsi

Manajemen Aset (Inventaris, Legal Audit, dan Penilaian Aset) Terhadap Optimalisasi Aset Pada PT Kereta Api Indonesia (PERSERO)



ABSTRAK

Hakim Fauzi (65150049), Manajemen Aset (Inventarisasi, Legal Audit, Dan Penilaian Aset) Terhadap Optimalisasi Aset Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Pengelolaan (manajemen) aset yang baik merupakan salah satu indikasi perusahaan yang mempunyai kinerja usaha yang sehat. Penelitian ini dilakukan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang memiliki fungsi sebagai penyedia transportasi perkeretaapian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen aset terhadap optimalisasi aset. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: inventarisasi, legal audit dan penilaian aset. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 30 responden, dan dipilih berdasarkan metode sampling incidental pada unit Non Transport Commerciallization (CCC). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif dan menggunakan metode analisis regresi berganda yang diolah dengan menggunakan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS v.20). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan inventarisasi, legal audit, dan penilaian aset secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap optimalisasi aset pada PT Kereta Api Indonesia (Persero), adapun secara parsial inventarisasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan, legal audit tidak terdapat pengaruh yang signifikan, sedangkan penilaian aset berpengaruh positif dan signifikan terhadap optimalisasi aset.

Kata Kunci: Manajemen Aset, Inventarisasi, Legal Audit, Penilaian Aset, Optimalisasi Aset


Ketersediaan

S01537K049 / S1.AK.SKP / 2019 - 2020PerpustakaanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
049 / S1.AK.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail