Image of

Skripsi

"Moralitas Sebagai Pemoderasi Pengaruh Whistleblowing, Ketaatan Pelaporan Keuangan, Dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Pencegahan FRAUD (Studi Kasus atas Fraud dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa pada Desa-desa di Kabupaten Bandung Barat)"



ABSTRAK

Imas Solihat (65150060), Moralitas Sebagai Pemoderasi Pengaruh Whistleblowing, Ketaatan Pelaporan Keuangan dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Pencegahan Fraud

Pencegahan fraud merupakan suatu proses atau upaya untuk menolak kemungkinan terjadinya tindakan fraud. Hal tersebut tentunya harus berbanding lurus dengan baiknya penerapan whistleblowing kemudian ditunjang dengan adanya ketaatan pelaporan keuangan dan kompetensi aparatur desa serta didukung atau diperkuat dengan adanya moralitas yang dimiliki aparatur. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh whistleblowing, ketaatan pelaporan keuangan dan kompetensi aparatur desa terhadap pencegahan fraud yang dimoderasi oleh moralitas pada Desa-Desa di Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer hasil dari penyebaran kuesioner kepada aparatur desa yang berhubungan sebagai pengelola alokasi dana desa sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa whistleblowing, ketaatan pelaporan keuangan dan kompetensi aparatur desa mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan fraud, moralitas mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan dalam memoderasi pengaruh whistleblowing terhadap pencegahan fraud, moralitas mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan dalam memoderasi pengaruh ketaatan pelaporan keuangan terhadap pencegahan fraud, dan moralitas mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap pencegahan fraud. Secara simultan whistleblowing, ketaatan pelaporan keuangan dan kompetensi aparatur desa yang dimoderasi oleh moralitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pencegahan fraud pada Desa di Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian lain yang ditemukan dalam penelitian ini adalah adanya variabel whistleblowing memiliki pengaruh paling kuat dalam mempengaruhi pencegahan fraud dengan dimensi internal whistleblowing dan indikator aspek struktural dan aspek operasional. Dari hasil tersebut diharapakan aparatur desa memperhatikan struktur dan operasionalisasi dalam penyampaian informasi terkait adanya tindakan kecurangan yang dapat ditimbulkan.

Kata Kunci : Whistleblowing, Ketaatan Pelaporan Keuangan, Kompetensi, Moralitas, Pencegahan Fraud


Ketersediaan

S01546K036 / S1.AK.SKP / 2019 - 2020PerpustakaanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
036 / S1.AK.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail