Image of IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENGANALISIS POLA PEMBELIAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI DI CV. GLOWING PURWOKERTO

Skripsi

IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENGANALISIS POLA PEMBELIAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI DI CV. GLOWING PURWOKERTO



Untuk meningkatkan jumlah pembeli atau konsumen dan untuk mengoptimalkan
penyediaan stok barang, maka pihak toko harus menentukan sasaran yang tepat
untuk penepatan pola tata letak barang, sesuai dengan kebutuhan yang sering
dicari oleh pembeli atau konsumen, Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh
pihak toko untuk membantu menentukan pola tata letak barang, adalah melakukan
pengolahan data historis data transaksi menggunakan teknik data mining dengan
metode Algoritma Appriori. Algoritma Appriori adalah algoritma pengambilan data
dengan aturan asosiatif (Association rule) untuk menentukan hubungan asosiatif suatu
kombinasi item, atau keterekaitan antar setiap item . Data yang digunakan berjumlah
274 data, dengan atribut invoice no, descrption, quantity, invoice date, unit price.
Data tersebut melalui proses pengolahan data yaitu data preparation dengan data
selection, data preprocessing, data transformation hasil dari pengolahan data
tersebut di ambil 20 data transaksi dengan atribut no transaksi dan item pembelian
atau data yang dibutuhkan dalam proses perhitungan Algoritma Appriori. Hasil
dari penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu dasar pengambilan
keputusan untuk menentukan pola tata letak barang dan penyediaan stok barang
berdasarkan association atau keterkaitan antar poduk yang muncul secara
bersamaan.


Ketersediaan

S01642K051 / S1.SI.SKP / 2019 - 2020Sistem InformasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
051 / S1.SI.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail