Image of

Skripsi

"Kreativitas Penulis Novel Dengan Penjualan Terbaik (Studi naratif pada Pidi Baiq sebagai Penulis Novel dengan Penjualan Terbaik)"



ABSTRAK

DESNA CAMELIA, 45150109, 2019, KREATIVITAS PENULIS NOVEL DENGAN PENJUALAN TERBAIK (STUDI NARATIF PADA PIDI BAIQ SEBAGAI PENULIS NOVEL DENGAN PENJUALAN TERBAIK)
Bagi seorang penulis novel, kreativitas sangat dibutuhkan dalam menulis. Kreativitas dapat digali melalui mengeksplorasi pengalaman dan pengetahuannya dalam menulis. Kekreatifan seorang penulis novel berada diunsur naratif. Unsur naratif adalah unsur ide atau cerita dalam sebuah novel yang memiliki ciri khas atau keunikan dari si penulis novel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perjalanan karir Pidi Baiq menjadi seorang penulis dan bagaimana kreativitas yang dimiliki Pidi Baiq dalam menulis novel. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan studi naratif. Untuk mengkaji proses kreatif Pidi Baiq dalam menulis novel, peneliti menggunakan teori konvergensi simbolik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui wawancara mendalam.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Pidi Baiq mulai menekuni dunia menulis ketika melihat naskah-naskah buku yang buruk, merasa ingin memperbaikinya dengan tidak membuat buku yang seperti itu. Pada tahun 2008, terbit novel pertamanya. Sedangkan, proses kreatif yang dilalui Pidi Baiq dikaitkan dengan teori konvergensi simbolik yang menyatakan bahwa manusia adalah mahluk yang saling bertukar cerita atau narasi atau fantasi dengan menggambarkan pengalaman dan realitas sosialnya. Fantasi disini adalah sebuah ide cerita yang ditulis Pidi Baiq dalam novelnya. Cerita tersebut didapatkannya melalui pengalamannya dan juga hasil pertukaran informasi dengan orang yang berada disekitar lingkungannya.
Kata kunci : Kreativitas, Novel Penjualan Terbaik


Ketersediaan

S01712K029 / S1.KM.SKP / 2019 - 2020PerpustakaanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
029 / S1.KM.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail