Image of

Skripsi

"Strategi Komunikasi Masyarakat Cireundeu Dalam Mewariskan Nilai-nilai Tritangtu (Studi Fenomenologi Komunikasi Antar Budaya Pada Masyarakat Cireundeu dalam Upaya Pewarisan Nilai-nilai Tritangtu)"



ABSTRAK
Strategi Komunikasi Masyarakat Cireundeu Dalam Mewariskan Nilai-Nilai Tritangtu (Studi Fenomenologi Komunikasi Antar Budaya Pada Keluarga Masyarakat Cireundeu Dalam Upaya Pewarisan Nilai-Nilai Tritangtu).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan orang tua dalam upaya pewarisan nilai-nilai Tritangtu yang berfokus pada bagaimana dasar pewarisan nilai-nilai Tritangtu, mengetahui bagaimana proses komunikasi masyarakat Cireundeu dalam pewarisan nilai-nilai Tritangtu, dan mengetahui hambatan dalam proses pewarisan nilai-nilai Tritangtu. Penelitian ini merupakan penelitian studi fenomenologi dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumen/arsip, dan informasi dari internet. Hasil penelitian ini adalah Masyarakat kampung Cireundeu melakukan upaya pewarisan nilai-nilai Tritangtu hingga saat ini karena ingin menjaga kesinambungan hidup. mereka percaya bahwa Tritangtu merupakan suatu konsep kepercayaan yang diwariskan oleh leluhur sejak penjajahan Belanda, lebih tepatnya sejak berdirinya Sunda. Proses pewarisan dilakukan dengan menggunakan metode saba, yaitu dengan mengajak anak atau memberi contoh kepada anak, sehingga membuat anak penasaran dengan yang dicontohkan orang tuanya. Selanjutnya metode yang dilakukan dengan menggunakan metode mendidik sebelum lahir dan mendidik setelah lahir. Terdapat dua faktor hambatan yang terjadi dalam proses pewarisan nilai-nilai Tritangtu yaitu faktor internal dan external.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Nilai-Nilai Tritangtu, Masyarakat Cireundeu


Ketersediaan

S01726K020 / S1.KM.SKP / 2019 - 2020PerpustakaanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
020 / S1.KM.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail