Image of

Skripsi

"Komunikasi Ritual Pada Tradisi Nadran di Situ Cisanti (Studi Etnografi Komunikasi Ritual pada Tradisi Nadran di Situ Cisanti)"



ABSTRAK

Nurlaila, 45150101, 2019 “Komunikasi Ritual pada Tradisi Nadran di Situ Cisanti” (Studi Etnografi Komunikasi Ritual pada TRadisi Nadran di Situ Cisanti)
Penelitian ini mengemukakan tentang, komunikasi ritual pada tradisi nadran yang ada di Situ Cisanti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi Etnografi. Studi tersebut berfokus pada bentuk komunikasi ritual pada rangkaian tradisi nadran di Situ Cisanti. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivis ditunjang dengan teori Interaksi Simbolik. Hasil penelitian ini meliputi dua sub meliputi makna pesan nonverbal pada rangkaian tradisi nadran di Situ Cisanti dan bentuk komunikasi ritual antara peziarah dengan leluhur di Situ Cisanti. Hasil dari penelitian ini, bahwa 1) dalam pemaknaan pesan nonverbal tradisi nadran terdapat rangkaian dan sesaji yang dikatakan sebagai simbol keyakinan bagi masyarakat dan peziarah Situ cisanti, karena telah diterapkan secara turun temurun; 2) Bentuk komunikasi ritual antara peziarah dengan leluhur dapat berupa doa, doa tersebut mengandung bahasa daerah dalam permohonannya dan didapatkan dari leluhur sehingga doa tersebut dikatakan kuat karena sudah dipercaya secara turun temurun, namun kembali lagi dengan keyakinan atas doa yang dipanjatkannya.
Kata Kunci : etnografi komunikasi, komunikasi ritual, Situ Cisanti


Ketersediaan

S01779K015 / S1.KM.SKP / 2019 - 2020PerpustakaanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
015 / S1.KM.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail