Image of

Skripsi

"Strategi Komunikasi Pendidikan Seks Pada Anak (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Guru Untuk Mencegah Terjadinya Pelecehan Seksual Melalui pendidikan Seks Usia Dini di TK Telkom Buah Batu"



ABSTRAK

Nurlela (45180102), Strategi Komunikasi Pendidikan Seks Pada Anak, Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Guru Untuk Mencegah Terjadinya Pelecehan Seksual Melalui Pendidikan Seks Usia Dini Di TK Telkom Buah Batu.
Meningkatnya kasus pelecehan seksual pada anak merupakan bukti nyata kurangnya pengetahuan anak mengenai pendidikan seks yang mereka dapatkan di usia dini. Lingkungan sekolah sebagai madrasah bagi anak ikut berperan dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini. Pendidikan tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk mencegah atau meminimalisir pelecehan seksual pada anak. TK Telkom Buah Batu turut menerapkan pendidikan seks usia dini kepada anak-anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi dalam bentuk perencanaan pesan, proses pelaksanaan, memotivasi tindakan, dan hambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi deskriptif dimana peneliti akan mendeskripsikan masalah yang sedang terjadi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh peneliti adalah TK Telkom Buah Batu berupaya menerapkan pendidikan seks pada anak melalui berbagai program kegiatan ditunjang oleh beberapa fasilitas yang disediakan. Proses komunikasi dengan anak selain menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, metode dan media turut serta menunjang pelaksanaan pembelajaran tersebut. Yang dimana didalam prosesnya ditemukan beberapa hambatan serta cara mengatasi masalah tersebut.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Guru, Pendidikan Seks Usia Dini, dan Pelecehan Anak Usia Dini


Ketersediaan

S01782K022 / S1.KM.SKP / 2019 - 2020PerpustakaanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
022 / S1.KM.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail