Image of

Skripsi

"Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Surga Yang Tak Dirindukan 1 (Studi Semiotika Representasi Makna Adil Berpoligami Dalam Film Surga yang Tak Dirindukan 1)"



ABSTRAK
Tamara Debrina Aji Putri, 45180104, 2019, Analisis Semiotika Roland Bartehs Dalam Film Surga Yang Tak Dirindukan 1, (Studi Semiotika Representasi Makna Adil Berpoligami Dalam Film Surga Yang Tak Dirindukan 1).
Poligami adalah sistem perkawinan yang salah satu pihak memiliki atau menikahi beberapa lawan jenisnya dalam waktu bersamaan. Di Indonesia sendiri poligami masih menjadi tabuh untuk di bicarakan, namun beberapa film maker justru menganggap poligami menjadi suatu tema yang menarik untuk di angkat sebagai karya audio visual. Salah satunya adalah Surga yang tak di rindukan 1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi makna adil dalam berpoligami pada film surga yang tak di rindukan 1 berdasarkan tanda - tanda visual yang muncul dalam film. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Subjek penelitian ini adalah film surga yang tak di rindukan 1 dengan durasi satu jam lima puluh delapan menit. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes berupa signifikasi dua tahap denotasi dan konotasi, serta tambahan tahapan mitos. Hasil penelitian ini menemukan bahwa film surga yang tak di rindukan 1 memiliki makna dimana mustahil seorang berpoligami untuk berlaku adil walaupun sudah berusaha sebisa mungkin.
Kata Kunci : Semiotika, Roland Barthes, Adil Berpoligami


Ketersediaan

S01869K059 / S1.KM.SKP / 2019 - 2020Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
059 / S1.KM.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail