Image of PENGARUH SOSIALISASI PERATURAN PEMERINTAH 
NOMOR 23 TAHUN 2018 TERHADAP
KEPATUHAN WAJIB PAJAK
(Studi pada Pelaku UMKM Sektor Usaha Fashion di Kota Bandung)

Skripsi

PENGARUH SOSIALISASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 23 TAHUN 2018 TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi pada Pelaku UMKM Sektor Usaha Fashion di Kota Bandung)



ABSTRAK
Yuni Saraswati (65160089), Pengaruh Sosialisasi Peraturan Pemerintah
Nomor 23 Tahun 2018 terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Pelaku
UMKM Sektor Usaha Fashion di Kota Bandung)
Untuk memaksimalkan penerimaan pajak dari sektor UMKM, Pemerintah
merevisi PP No. 46 Tahun 2016 menjadi PP No. 23 Tahun 2018 dengan perubahan
tarif dari 1% ke 0,5%. Namun dengan adanya perubahan tersebut nyatanya jumlah
UMKM yang membayarkan pajaknya masih sedikit. Maka salah satu usaha yang
dapat dilakukan untuk menumbuhkan kepatuhan wajib pajak adalah dilakukannya
sosialisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Sosialisasi PP No.
23 Tahun 2018 dan Kepatuhan Wajib Pajak serta pengaruh Sosialisasi PP No. 23
Tahun 2018 terhadap Kepatuhan Wajib Pajak yang dilakukan pada pelaku UMKM
sektor usaha fashion di Kota Bandung.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari jawaban
kuesioner yang disebar ke 100 responden dengan menggunakan teknik simple
ramdom samling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sosialisasi PP No. 23
Tahun 2018 dan Kepatuhan wajib pajak pada pelaku UMKM sektor usaha fashion
di Kota Bandung baik. Sosialisasi PP No. 23 Tahun 2018 berpengaruh signifikan
positif terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM sektor usaha fashion di Kota
Bandung

ABSTRACT
Yuni Saraswati (65160089), The Influence of Socialization of Government
Regulation Number 23 of 2018 on Taxpayer Compliance (Study on MSME in the
Fashion Business Sector in Bandung City)
To maximize tax revenue from the MSME sector, the Government has
revised Government Socialization Regulation number 46 in 2016 became
Government Socialization Regulation number 23 in 2018 with tariff changes from
1% to 0.5%. However, with this change, in fact the number of MSMEs that pay their
taxes is still small. So one effort that can be done to grow taxpayer compliance is
to do socialization. The purpose of this research is to find out how the socialization
of Government Regulation number 23 in 2018 and Taxpayer Compliance and also
the influence of Government Socialization Regulation number 23 in 2018 to
Taxpayer Compliance conducted on MSMEs in the fashion business sector in
Bandung City.
The method used is a descriptive method with a quantitative approach. The
data used are primary data obtained from questionnaire answers distributed to 100
respondents using simple ramdom samling techniques. The results showed that the
Socialization of Government Regulation number 23 in 2018 and taxpayer
compliance with MSMEs in the fashion business sector in Bandung is good.
Socialization of Government Regulation number 23 in 2018 has a significant
positive effect to taxpayer compliance of MSMEs in the fashion business sector in
Bandung.


Ketersediaan

S02215K067/S1.AK.SKP/2020-2021AkuntansiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
067/S1.AK.SKP/2020-2021
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail