Image of IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK 
PENENTUAN PAKET HEMAT PRODUK SKINCARE
STUDI KASUS : TOKO DERISMA SKINCARE

Skripsi

IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK PENENTUAN PAKET HEMAT PRODUK SKINCARE STUDI KASUS : TOKO DERISMA SKINCARE



Abstrak

Dunia bisnis saat ini berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi.
Persainganpun semakin ketat sehingga memerlukan strategi promosi penjualan
salah satunya dengan paket hemat. Toko Derisma Skincare belum melakukan
strategi promosi dengan kombinasi produk paket hemat. Pencatatan transaksinya
masih secara manual sehingga informasi pola pembelian konsumen belum akurat.
Langkah yang dilakukan agar inovasi paket hemat lebih sitematis perlu di olah
dengan data mining berdasarkan pola kencenderungan pembelian konsumen
terhadap produk secara bersamaan. Berdasarkan proses bisnis yang berjalan dan
data yang ada maka metode data mining yang tepat adalah Association Rule yang
memiliki dua para meter yaitu support(nilai penunjang) dan confidence (nilai
kepastian). Algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) digunakan untuk
membantu menemukan sejumlah aturan asosiasi dari basis data dengan menerapkan
struktur data Tree atau disebut dengan FP-Tree.Implementasi menggunakan
RapidMiner dalam implementasi data-data sehingga berhasil menemukan pola
pembelian konsumen sehinga bisa didapatkan berbagai kombinasi item yang dapat
digunakan sebagai strategi promosi paket hemat


Ketersediaan

S02530K085/S1.TI.SKP/2021-2022Teknik InformatikaTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
085/S1.TI.SKP/2021-2022
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail