Image of STRATEGI KREATIF TIM ON AIR OFF AIR RADIO DAHLIA 
FM BANDUNG DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS 
PENDENGAR
(Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Kreatif Tim On Air Off Air Radio Dahlia 
FM Bandung Dalam Meningkatkan Loyalitas Pendengar)

Skripsi

STRATEGI KREATIF TIM ON AIR OFF AIR RADIO DAHLIA FM BANDUNG DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PENDENGAR (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Kreatif Tim On Air Off Air Radio Dahlia FM Bandung Dalam Meningkatkan Loyalitas Pendengar)



Abstrak

Radio Dahlia fm Bandung adalah radio multisegmen nomer satu di kota Bandung.
Ditengah persaingan antar radio yang ketat, radio konvensional juga harus bersaing
dengan kemunculan social media baru yang dapat mengalihkan perhatian pendengar
radio. Dikarenakan pendengar adalah aset berharga bagi radio dahlia, maka Radio
Dahlia tentu memiliki strategi kreatif yang harus dijalankan untuk dapat
meningkatkan loyalitas pendengarnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan teori yang digunakan adalah teori Niche (Ekologi Media). Hasil dari
penelitian ini menunjukan bahwa, radio dahlia fm Bandung sangat menjaga
pendengarnya, oleh sebab itu strategi kreatif radio dahlia diterapkan baik di divisi on
air maupun off air, seperti kreatifitas yang tertuang dalam tema bulanan, insert
program, informasi yang actual, program kuis yang beragam, kegiatan siaran keliling,
serta kreatifitas penyiar dalam menyampaikan informasi yang ada. Selain itu
peremajaan perangkat pemancar juga dilakukan radio dahlia agar semakin banyak
dapat menjangkau pendengarnya, serta kreatifitas yang dituangkan dalam event event
oleh divisi off air yang selama ini menjadi senjata tambahan dalam meningkatkan
loyalitas pendengar. Tidak hanya sampai disitu, radio dahlia juga melakukan
kolaborasi dengan provider untuk menunjang kelancaran kegiatan siaran, dan
kolaborasi bersama instansi pemerintah dalam mensosialisasikan berbagai macam
program pemerintah, serta pemanfaatan media social sebagai senjata untuk
meningkatkan loyalitas pendengarnya.


Ketersediaan

S02591K011/S1.KM.SKP/2021-2022Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
011/S1.KM.SKP/2021-2022
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail