Image of MERANCANG MODEL MACHINE LEARNING UNTUK
MEMPREDIKSI CUSTOMER CHURN PADA SUATU BANK
MENGGUNAKAN KLASIFIKASI LOGISTIC REGRESSION 
DAN DECISION TREE

Skripsi

MERANCANG MODEL MACHINE LEARNING UNTUK MEMPREDIKSI CUSTOMER CHURN PADA SUATU BANK MENGGUNAKAN KLASIFIKASI LOGISTIC REGRESSION DAN DECISION TREE



Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi mendorong setiap orang untuk
menggunakan layanan bank sebagai sarana penyimpanan uang, hal ini menjadi peluang
bagi pihak bank untuk bersaing menarik perhatian calon nasabah, dan calon nasabah
pun berhak menentukan bank mana yang mereka pilih untuk digunakan serta dapat
dengan bebas beralih ke pilihan bank yang lain. Peralihan keputusan nasabah
(Customer Churn) salah satunya dapat terjadi dikarenakan ketidak puasan satu dan lain
hal terkait kebijakan yang diberikan pihak bank. Oleh karena itu pihak bank harus
mengantisipasi agar tidak kehilangan nasabahnya. Tujuan dari penelititan ini untuk
membuat model Machine Learning dan mengetahui model klasifikasi yang lebih baik
dari segi tingkat overall akurasinya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data
dari Kaggle yang terdiri dari 10.000 baris data dan 14 kolom dengan kolom Exited
sebagai variable target yang dikalsifikasikan menggunakan Logistic Regression dan
Decission Tree. Hasil dari penelitian ini memperoleh bahwa overall akurasi dari model
klasifikasi Logistic Regression sebesar 68% dan overall akurasi model klasifikasi
Decission Tree sebesar 88%.


Ketersediaan

S02999K006/S1.TI.SKP/2022-2023Teknik InformatikaTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
006/S1.TI.SKP/2022-2023
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail