Image of ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN 
PENGGUNA SISTEM INFORMASI KAWASAN 
AGROWISATA CICANTAYAN 
MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0

Skripsi

ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI KAWASAN AGROWISATA CICANTAYAN MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0



Abstrak

Kecamatan Cicantayan memiliki potensi agrowisata pedesaan yang ditunjang oleh
banyaknya produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat di kawasan wisata
tersebut. Digitalisasi informasi dan pengelolaan transaksi digunakan untuk
mengoptimalkan aktivitas bisnis kawasan agrowisata di Kecamatan Cicantayan.
Sistem informasi kawasan agrowisata Cicantayan dirancang untuk
mengeksploitasi informasi terkait potensi wisata dan produk UMKM di
Kecamatan Cicantayan. Dengan adanya sistem informasi kawasan agrowisata
Cicantayan menyediakan akses informasi terhadap daya tarik kawasan wisata
pedesaan, pemesanan tiket wisata, dan transaksi produk UMKM yang dihasilkan
oleh masyarakat di Kecamatan Cicantayan. Untuk mengukur keberhasilan
penerapan sistem informasi kawasan agrowisata Cicantayan, dilakukan analisis
pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction) dengan
menggunakan Webqual 4.0. Indikator kualitas layanan yang diukur terdiri dari
usability, information quality, dan interaction quality. Kuesioner disebar kepada
pengguna aplikasi diantaranya BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), UMKM, dan
masyarakat. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik analisis
regresi linier berganda menggunakan software SPSS 26. Berdasarkan hasil
analisis kepuasan pengguna menggunakan model Webqual 4.0, diperoleh skor
usability sebesar 464 dengan persentase 96.12%. Hal tersebut membuktikan
bahwa kualitas kegunaan aplikasi berpengaruh positif signifikan terhadap
kepuasan pengguna. Kemudian skor information quality diperoleh sebesar 489
dengan prosentase 93.68%. Hal tersebut membuktikan bahwa kualitas informasi
pada aplikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hasil skor
interaction quality diperoleh sebesar 270 dengan prosentase 93.10%. Hal tersebut
membuktikan bahwa kualitas interaksi dalam aplikasi berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pengguna


Ketersediaan

S03027K034/S1.TI.SKP/2022-2023Teknik InformatikaTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
034/S1.TI.SKP/2022-2023
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail