Image of PENERAPAN METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM 
TSUKAMOTO PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN 
KELAYAKAN KENAIKAN KELAS SISWA

Skripsi

PENERAPAN METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM TSUKAMOTO PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN KENAIKAN KELAS SISWA



Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu pembentuk dasar dan awal bagi tumbuh dan
berkembangnya seorang anak dalam proses memperoleh masa depan yang lebih
baik. Begitu pentingnya pendidikan, negara sangat mendukung setiap warga
negaranya dalam meraih pendidikan yang layak. Sistem penilaian disetiap sekolah
memiliki sistem yang berbeda-beda, tetapi tetapi sistem penilaian tersebut mengacu
pada peraturan pendidikan nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
Kenaikan kelas bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil pembelajaran sesuai
dengan standar kemampuan lulusan dan mengukur nilai mutu. Pengambilan
keputusan yang penting khususnya dalam bidang pendidikan adalah pengambilan
keputusan untuk kenaikan kelas disekolah pada siswa. Seharusnya dalam
pengambilan keputusan kenaikan kelas ini lebih mengacu pada hasil kompetensi
atau kemampuan akademik yang dimiliki siswa, bukan karena adanya intervensi
dari beberapa pihak yang tidak punya kapasitas untuk menentukan naik tidaknya
seorang siswa. Maka dari itu perlu dibuatnya sistem pendukung keputusan yang
akan membantu dalam mendapatkan keputusan kelayakan kenaikan kelas pada
siswa menggunakan Inferensi Fuzzy Sistem Metode Tsukamoto. Hasil dari
penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan
keputusan kenaikan kelas pada siswa.


Ketersediaan

S03074K081/S1.TI.SKP/2022-2023Teknik InformatikaTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
081/S1.TI.SKP/2022-2023
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail