Image of STRATEGI KEPEMIMPINAN KETUA WILAYAH DALAM PENGEMBANGAN ORGANISASI PERGUNU JAWA BARAT

Tesis

STRATEGI KEPEMIMPINAN KETUA WILAYAH DALAM PENGEMBANGAN ORGANISASI PERGUNU JAWA BARAT



Abstrak

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data secara empirik untuk mengetahui Strategi Kepemimpinan Ketua Wilayah Dalam Pengembangan Organisasi Pergunu Jawa Barat. Tujuan secara khusus untuk mengetahui peran Ketua Wilayah Pergunu Jawa Barat dalam pengembangan organisasi, mengetahui langkah Ketua Wilayah Pergunu Jawa Barat dalam pengembangan organisasi, mengetahui Faktor apa yang mendukung Ketua Wilayah Pergunu Jawa Barat dalam pengembangan organisasi dan mengetahui solusi Ketua Wilayah Pergunu Jawa Barat dalam pengembangan organisasi.
Metode yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Subjek penelitian ini adalah Pimpinan Wilayah Pergunu Jawa Barat yang duduk dalam kepengurusan antara lain satu orang ketua dan pengurus dari Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Jawa Barat. Objek penelitian adalah Pengurus Pimpinan Wilayah Pergunu Jawa Barat, Lembaga dan Badan Otonom Nahdlatul Ulama, Rektor yang kerjasama dengan Pergunu Jawa Barat, penerima beasiswa kerjasama Pergunu Jawa Barat dan wartawan senior Pikiran Rakyat. Teknik pengumpulan data yaitu wawancana, observasi, studi literatur dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dalam mengembangkan organisasi Pergunu Jawa Barat, Ketua Pergunu Jawa Barat mempunyai peran yang sangat luar biasa dalam proses pengembangan organisasi. Beberapa langkah strategi yang dilakukan oleh Ketua Pergunu Jawa Barat dalam membangun organisasi Pergunu di Jawa Barat yaitu melakukan proses seleksi perekrutan calon pengurus. Melakukan perencanaan program kerja di rapat kerja wilayah Pergunu Jawa Barat setiap tahun sekali. Membuat program unggulan. Membuat jaringan Pimpinaan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Barat dan Pimpinan Anak Cabang tingkat Kecamatan se-Jawa Barat. Penggunaan teknologi dalam rekrutemen anggota dan data based anggota Pergunu di Jawa Barat, serta menggunakan media sosial sebagai upaya meningkat kebutuhan akan informasi serta publikasi kegiatan-kegitan Pergunu di Jawa Barat. Faktor yang pendukung dalam membangun organisasi yaitu Kepemimpinan, Ketua Pergunu Jawa Barat senantiasa memberikan arahan agar terwujudnya budaya totalitas dan loyalitas yang tinggi dari semua pengurus dan anggota Pergunu dalam membangun organisasi. Pergunu merupakan badan otonom Nahdlatul Ulama, sehingga mempunyai karisma yang tidak jauh berbeda dengan Nahdlatul Ulama itu sendiri. Ketua Pergunu Jawa Barat dapat menyatukan pengurus dan anggota dengan tujuan yang sama yaitu bagaimana menyejahterakan para guru dan ini menjadi sebuah motivator bagi pengurus dan anggota Pergunu untuk membangun organisasi. Upaya peningkatkan kapasitas pengurus, Pergunu Jawa Barat melakukan upgrading dengan tujuan agar semua pengurus menyadari betul akan peranan dan fungsi mereka masing-masing di dalam kepengurusan Pergunu di Jawa Barat.


Ketersediaan

T00119S032/S2.MM.TESIS/2020Manajemen S2Tersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
032/S2.MM.TESIS/2020
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail