Image of PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN
DAN KEPUASAN PASIEN
Studi Kasus Pada RSUD Eko Maulana Ali Belinyu

Tesis

PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN Studi Kasus Pada RSUD Eko Maulana Ali Belinyu



Abstrak

Kepuasan pasien, kualitas pelayanan dan kepuasan kerja karyawan merupakan hal
yang saling berkaitan. Dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien, rumah sakit
harus memperhatikan sumber daya manusianya. Kepuasan kerja karyawan akan
berdampak pada kualitas pelayanan yang diberikan. Apabila karyawan merasakan
kepuasan dalam pekerjaannya, maka kualitas yang ditunjukkan dalam hal ini
memberikan layanan kepada pasien semakin baik, maka kepuasan pasien akan
terwujud. Jadi dapat dikatakan bahwa untuk dapat menciptakan kualitas pelayanan
yang baik, maka kepuasan kerja karyawannya harus diwujudkan terlebih dahulu.
Adanya perhatian dari atasan, hubungan dengan rekan kerja yang baik, pemberian
kompensasi yang adil dan layak, serta adanya jaminan karir merupakan cara-cara
yang dapat dilakukan rumah sakit untuk meningkatkan kepuasan karyawan.
Apabila aspek-aspek tersebut mampu dipenuhi oleh rumah sakit, karyawan akan
merasa dihargai sehingga kepuasan terhadap pekerjaannya akan timbul, sehingga
sebagai timbal baliknya mereka akan menunjukkan kualitas pelayanan terbaik
mereka untuk memberikan pelayanan kepada pasien. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan dan
kepuasan pasien melalui kuisioner di RSUD DR Eko Maulana Ali. Populasi
penelitian ini meliputi karyawan RSUD DR Eko Maulana Ali sebanyak 129 orang
serta pasien yang berobat di poli rawat jalan RSUD DR Eko Maulana Ali pada bulan
september – oktober tahun 2022. sampel yang digunakan yaitu sebanyak 80 orang
karyawan dan pasien dengan jumlah yang sama yaitu sebanyak 80 orang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian survei bersifat analitik dengan Teknik analisis data
yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis) . Dari Penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa (1) kepuasan kerja berpengaruh langsung terhadap Kualitas
pelayanan RSUD DR Eko Maulana Ali , (2) Kualitas pelayanan berpengaruh
langsung terhadap kepuasan pasien RSUD DR Eko Maulana Ali, (3) kepuasan kerja
berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien RSUD DR Eko Maulana Ali.


Ketersediaan

T00182S018/S2.MM.TESIS/2022Manajemen S2Tersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
018/S2.MM.TESIS/2022
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail