Image of PENGARUH TANGIBLES, RELIABILITY, EMPATHY, ASSURANCE DAN RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN DI RSUD BANGKA SELATAN

Tesis

PENGARUH TANGIBLES, RELIABILITY, EMPATHY, ASSURANCE DAN RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN DI RSUD BANGKA SELATAN



Abstrak

Kepuasan pasien merupakan komparasi antara harapan dan hal-hal yang telah
diperoleh pasien dari hasil kinerja pelayanan di suatu institusi kesehatan. Hasil dari
kepuasan pasien tersebut dapat menunjukkan mutu/kualitas pelayanan kesehatan
yang telah berjalan, RSUD Kabupaten Bangka Selatan dapat dilihat dalam
penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Jumlah kunjungan rawat jalan pada tahun
2021 sebanyak 14.418 orang, bila dibandingkan tahun 2020 jumlah kunjungan
sebanyak 9.353 orang, terdapat kenaikan sebesar 54,15%. Walaupun terjadi
peningkatan jumlah kunjungan pasien rawat jalan dibanding tahun sebelumnya tetapi
masih banyak terdapat pengaduan secara lisan dari pasien yang berobat rawat jalan
yaitu dengan adanya pengaduan masyarakat ke Dinas Kesehatan dan Kesejahteraan
Sosial Kota Bangka Selatan maupun ke anggota dewan mengenai pelayanan
kesehatan yang diterima. Pada bulan agustus 2022, terdapat complain terhadap
pelayanan rumah sakit baik melalui media rumah sakit dan media elektronik. Adanya
ketidakpuasan pasien dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya Tangibles,
Reliability, Empathy, Assurance Dan Responsiveness yang belum optimal. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Tangibles, Reliability, Empathy,
Asurance dan Responsiveness terhadap Kepuasan Pasien di unit rawat jalan di RSUD
Bangka Selatan baik secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan statistik
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pasien di unit rawat jalan di
RSUD Bangka Selatan pada bulan september 2022, yang berjumlah 536 orang.
Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan
menggunakan rumus Slovin, maka dalam penelitian ini jumlah sampel yang
digunakan yaitu sebanyak 84 orang sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh Tangibles, Reliability, Empathy,
Asurance dan Responsiveness terhadap Kepuasan Pasien di unit rawat jalan di RSUD
Bangka Selatan secara parsial, serta terdapat pengaruh Tangibles, Reliability,
Empathy, Asurance dan Responsiveness terhadap Kepuasan Pasien di unit rawat jalan
di RSUD Bangka Selatan secara simultan.


Ketersediaan

T00188S004/S2.MM.TESIS/2023Manajemen S2Tersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
004/S2.MM.TESIS/2023
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail