Image of HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS CIBIRU KOTA BANDUNG

Skripsi

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS CIBIRU KOTA BANDUNG



ABSTRAK

Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan faktor kunci dalam meningkatkan
kepuasan pasien, khususnya pada Puskesmas sebagai penyedia layanan kesehatan
tingkat pertama. Tingkat kepuasan pelanggan di Puskesmas Cibiru Kota Bandung
berada di bawah standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.
Ketidakpuasan yang dirasakan oleh pasien, seperti kurang jelasnya penjelasan dari
perawat, sikap pelayanan yang tergesa-gesa, keterlambatan dalam respons terhadap
kebutuhan pasien, serta waktu tunggu yang lama dapat menyebabkan penurunan
kepercayaan dan kenyamanan pasien terhadap layanan yang diberikan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kualitas pelayanan
keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Cibiru Kota Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Dengan
populasi 1600 pasien, 95 responden dipilih menggunakan teknik accidental
sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil analisis
menunjukkan bahwa sebagian besar responden menilai kualitas pelayanan
keperawatan sebagai “tidak baik” hingga “kurang baik”, sementara tingkat
kepuasan pasien didominasi kategori “puas” hingga “sangat puas”. Analisis bivariat
menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan
keperawatan dan kepuasan pasien dengan nilai korelasi 0,713 (significance
0,00


Ketersediaan

S03343K038/S1.KP.SKP/2024Ilmu KeperawatanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
038/S1.KP.SKP/2024
Penerbit ARS University : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail