Image of Ritual Padi Masyarakat Adat Kasepuhan Ciptagelar (Studi Fenomenologi Perilaku Komunikasi Masyarakat Adat Kasepuhan Ciptagelar dalam Memaknai Ritual Padi)

Skripsi

Ritual Padi Masyarakat Adat Kasepuhan Ciptagelar (Studi Fenomenologi Perilaku Komunikasi Masyarakat Adat Kasepuhan Ciptagelar dalam Memaknai Ritual Padi)



ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang, ritual padi yang dikonstruksi masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi Fenomenologi. Studi tersebut berfokus pada pengalaman sadar masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar dalam memaknai ritual padi. Paradikma yang digunakan adalah konstruktivis ditunjang dengan teori interaksionisme simbolik. Hasil penelitian ini meliputi tiga sub meliputi makna filosofi padi bagi masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar, tahapan-tahapan ritual padi yang dikonstruksi masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar, dan keterkaitan ritual padi terhadap perilaku masyarakat. Masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar meyakini bahwa padi adalah sumber kehidupan yang diwujudkan dalam sosok Dewi Sri yang memiliki makna dua keseimbangan, sehingga tahapan ritual padi adalah bentuk rasa syukur masyarakat kepada tuhan dana lam semesta yang telah memberikan berkah. Ritual padi yang dikonstruksi masyarakat Ciptagelar juga memberikan pengaruh terhadap perilaku karena didalamnya terdapat nilai-nilai kearifan tentang tata cara memperlakukan alam.
Kata Kunci : Ritual Padi, Fenomenologi, Perilaku Komunikasi


Ketersediaan

S00727K014/S1.KM.SKP/2017-2018Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
014/S1.KM.SKP/2017-2018
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail