Image of Pengaruh Intensitas dan Efektivitas Komunikasi Orang Tua dan Anak terhadap Motivasi Belajar (Studi Kuantitatif Komunikasi Orangtua dan Anak di Wilayah RT 011, RW 007 Kelurahan Susukan, Ciracas)

Skripsi

Pengaruh Intensitas dan Efektivitas Komunikasi Orang Tua dan Anak terhadap Motivasi Belajar (Studi Kuantitatif Komunikasi Orangtua dan Anak di Wilayah RT 011, RW 007 Kelurahan Susukan, Ciracas)



ABSTRAK


Sutari Seprilianti (45160147), Pengaruh Intensitas dan Efektivitas Komunikasi Orangtua dan Anak Terhadap Motivasi Belajar.


Keberhasilan anak dalam kegiatan belajar pada masa usia sekolah sangat dipengaruhi oleh berbagai motivasi, dan salah satu diantaranya adalah motivasi belajar. menurut Brophy dalam Woolfolk (2004). Motivasi belajar adalah suatu kecenderungan siswa untuk melakukan kegiatan akademi yang berarti dan berguna, untuk meraih hasil yang baik dari kegiatan tersebut. Dengan motivasi belajar, setiap anak memotivasi dirinya untuk belajar bukan hanya mengetahui tetapi lebih kepada untuk memahami hasil pembelajaran tersebut. Motivasi belajar anak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Intensitas dan efektivitas komunikasi orangtua menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi melalui indikator. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh intensitas dan efektivitas komunikasi orangtua dan anak di wilayah RT 011, RW 07 Kelurahan Susukan, Ciracas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh intensitas komunikasi sebesar 13,9% dan efektivitas komunikasi sebesar 37.9% terhadap motivasi belajar anak. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu hasil penelitian yang kemudian diolah dan diambil kesimpulannya. Berdasarkan pengujian hipotesis intensitas dan efektivitas komunikasi orangtua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar anak. Selain dari nilai korelasi, nilai lainnya diperlihatkan pula pada perhitungan koefisien determinasi yaitu dengan mengkuadratkan koefisien korelasi.


Kata Kunci: Intensitas, Efektivitas, Komunikasi Orangtua, Motivasi Belajar.


Ketersediaan

S00764K026/S1.KM.SKP/2017-2018Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
026/S1.KM.SKP/2017-2018
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail