Image of Pola Komunikasi Antara Kepala Adat Dengan Rorokan dan Sesepuh Lembur di Pemerintahan Adat Kasepuhan Ciptagelar (Studi Etnografi Komunikasi Tentang Perilaku Komunikasi pada Tindak Komunikasi Masyarakat Kasepuhan Ciptagelar)

Skripsi

Pola Komunikasi Antara Kepala Adat Dengan Rorokan dan Sesepuh Lembur di Pemerintahan Adat Kasepuhan Ciptagelar (Studi Etnografi Komunikasi Tentang Perilaku Komunikasi pada Tindak Komunikasi Masyarakat Kasepuhan Ciptagelar)



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi pemerintahan adat Kasepuhan Ciptagelar antara Kepala Adat dengan Rorokan dan Sesepuh Lembur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi etnografi dengan menggunakan Paradigma konstruktivis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori birokrasi. Penelitian ini berfokus pada proses pembagian kerja yang terjadi di dalam pemerintahan adat Kasepuhan Ciptagelar, komponen komunikasi yang terjadi antara Kepala Adat dengan Rorokan dan Sesepuh Lembur, serta jejaring komunikasi yang terjadi antara Kepala Adat dengan Rorokan dan Sesepuh Lembur sebagai simbol komunikasi. Pembagian kerja pemerintahan Kasepuhan Ciptagelar mempunyai kriteria yaitu sistem turun-temurun, kedewasaan dan tanggung jawab. Komponen komunikasi meliputi situasi, waktu, tpesan dan bahasa yang digunakan di dalam pemerintahan adat. Jejaring komunikasi yang terjadi antara Kepala Adat dengan Rorokan dan Sesepuh Lembur meliputi pemberian instruksi, musyawarah dan sosialisasi.
. Kata Kunci : Kepala Adat, Etnografi Komunikasi, Pola Komunikasi


Ketersediaan

S00791K018/S1.KM.SKP/2017-2018Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
018/S1.KM.SKP/2017-2018
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail