Image of Pengaruh Dinamika dan Eksistensi Kesenian Tari Ondel-Ondel Ngamen Terhadap Pengetahuan Masyarakat Betawi (Studi Kuantitatif pada Masyarakat Betawi di RT 10 Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan)

Skripsi

Pengaruh Dinamika dan Eksistensi Kesenian Tari Ondel-Ondel Ngamen Terhadap Pengetahuan Masyarakat Betawi (Studi Kuantitatif pada Masyarakat Betawi di RT 10 Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan)



ABSTRAK

Rizki Dewaruci (45160150), Pengaruh Dinamika Dan Eksistensi Kesenian Tari Ondel-Ondel Ngamen Terhadap Pengetahuan Masyarakat Betawi.

Perubahan alih fungsi yang pada awalnya digunakan sebagai alat penolak bala dan pengusir wabah penyakit, saat ini digunakan oleh sebagian masyarakat Jakarta untuk kegiatan mengamen sebagai cara untuk melestarikan dan mencari nafkah. Perubahan pada bentuk boneka ondel-ondel saat ini juga tidak lagi menakutkan agar lebih menarik untuk di lihat. Lalu pada cara memainkan kesenian tari ondelondel ini juga mengalami perubahan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu hasil penelitian yang kemudian diolah dan diambil kesimpulannya. Berdasarkan pengujian hipotesis dinamika dan eksistensi kesenian tari ondel-ondel ngamen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan masyarakat Betawi. Selain dari nilai korelasi, nilai lainnya diperlihatkan pula pada perhitungan koefisien determinasi yaitu dengan mengkuadratkan koefisien korelasi.

Kata Kunci: Dinamika, Eksistensi, Kesenian Tari Ondel-Ondel Ngamen, Pengetahuan.


Ketersediaan

S00794K023/S1.KM.SKP/2017-2018Ilmu KomunikasiTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
023/S1.KM.SKP/2017-2018
Penerbit UNIVERSITAS BSI BANDUNG : .,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail