Detail Dokumen
Pencarian SpesifikSkripsi
Kajian Visual Iklan Pocari Sweat Versi JKT48 Tennis Tahun 2014
ABSTRAK
Shendy Indriawan (75130007), Kajian Visual Iklan Pocari Sweat Versi JKT48 “Tennis” Tahun 2014
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan makna dibalik tanda-tanda yang digunakan pada iklan dengan menggunakan analisis semiotika dalam model Charles Sanders Pierce, dan menyingkap pesan yang disampaikan dalam iklan Pocari Sweat versi JKT48 “tennis” tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode interpretatif dengan pendekatan kualitatif yang memfokuskan tanda dan teks sebagai objek kajiannya, sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa temuan tanda dalam iklan Pocari Sweat versi JKT48 “tennis” tahun 2014 yaitu, tanda ikon, sosok perempuan, botol Pocari Sweat beserta logonya, tanda indeks, suasana langit yang cerah dan ekspresi perempuan yang tersenyum, tanda simbol, makna dari sebuah warna yang didominasi dengan warna biru. Pesan yang disampaikan terdapat pada iklan yaitu Go Sweat, Go Ion yang berarti suatu gaya hidup tentang kebiasaan berolahraga dan bergerak yang membuat tubuh menjadi segar dan semangat kembali. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian iklan adalah metode visual, metode kajian visual dan metode semiotika. Terdapat beberapa faktor positif dalam iklan yaitu pemilihan gambar, konsep, layout dan background sangat jelas dan bagus, sedangkan faktor negatifnya yaitu terdapat komunikasi yang disampaikan bersifat hyperbola.
Kata kunci : Semiotika, Iklan, Pocari Sweat, JKT48
Ketersediaan
S00897K | 012/S1.DKV.SKP/2017-2018 | Desain Komunikasi Visual | Tersedia |
Informasi Detail
Nomor Serial |
012/S1.DKV.SKP/2017-2018
|
---|---|
Penerbit | UNIVERSITAS BSI BANDUNG : ., 2017-2018 |
ISBN/ISSN |
-
|
Judul Seri |
-
|
---|---|
Deskripsi Fisik |
-
|
Subyek |
Versi lain
Tidak tersedia versi lain