Detail Dokumen
Pencarian SpesifikSkripsi
Pengaruh Penerapan Metode DRILL/Latihan Ekstrakulikuler Gamelan Degung Terhadap Minat Belajar Siswa Pada SDN 1 Nagarasari Tasikmalaya
ABSTRAKSI
Nursanti Kuslinar (16150131), Pengaruh Penerapan Metode Drill/Latihan Ekstrakurikuler Gamelan Degung Terhadap Minat Belajar Siswa Pada SDN 1 Nagarasari Tasikmalaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas penerapan metode drill/latihan ekstrakulikuler gamelan degung terhadap minat belajar siswa pada SDN 1 Nagarasari Tasikmalaya. Penelitian ini beranjak dari pemikiran bahwa minat belajar siswa pada ekstrakulikuler gamelan degung dipengaruhi salah satunya dengan adanya penerapan metode drill/latihan, sehingga minat belajar siswa akan semakin meningkat dan lebih baik, karena itulah diperoleh hipotesisnya adalah : semakin positif penerapan metode drill/latihan di gunakan, akan semakin meningkat minat belajar siswa untuk mengikuti pembelajaran ekstrakurikuler gamelan degung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, sedangkan alat dan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, pengamatan langsung dan pendekatan statistik. Hasil pengolahan data menunjukan dari uji perhitungan koefisien korelasi, menunjukan terdapat hubungan antara variable X (Penerapan Metode Drill/Latihan) dengan variable Y (Minat Belajar Siswa pada Ekstrakurikuler Gamelan Degung). Dibuktikan dengan diperolehnya hasil perhitungan f hitung sebesar 14,100. Dan dapat dilihat persamaan hipotesis dari hasil SPSS menyatakan bahwa nilai signifikasinya sebesar 0,001 < α 0,05 lebih kecil dari ftabel. Ini menunjukan bahwa variable X dengan Y terdapat hubungan yang signifikan.
Kata Kunci: Metode Drill/Latihan, Minat Belajar Siswa, Kegiatan Ekstrakurikuler Gamelan Degung
Ketersediaan
S01067K | 065 / S1.SI.SKP /2016 - 2017 | Perpustakaan | Tersedia |
Informasi Detail
Nomor Serial |
065 / S1.SI.SKP /2016 - 2017
|
---|---|
Penerbit | UNIVERSITAS BSI BANDUNG : ., 2016-2017 |
ISBN/ISSN |
-
|
Judul Seri |
-
|
---|---|
Deskripsi Fisik |
-
|
Subyek |
Versi lain
Tidak tersedia versi lain