Image of HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN UMUM RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BANDUNG

Skripsi

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN UMUM RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BANDUNG



Kualitas rumah sakit sebagai institusi yang menghasilkan produk jasa kesehatan tergantung pada kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. Pelayanan kesehatan memiliki kontribusi terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien umum rawat inap kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah responden sebanyak 50 orang dipilih dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner kualitas pelayanan dan kepuasan digunakan kuesioner kualitas dan kepuasan. Analisis univariat menggunakan rumus persentase dan analisis bivariat menggunakan uji korelasi rank spearman’s. Hasil dari penelitian tersebut,sebagian kecil 19 responden (38%) menyatakan puas terhadap pelayanan, sebagian 29 responden (58%) menyatakan cukup puas terhadap kualitas yang telah diberikan dan sangat sedikit 2 responden (4%) yang menyatakan tidak puas terhadap pelayanan. Hasil analisis rank spearman’s menunjukkan terdapat hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien umum Rawat Inap di RSUD Kota Bandung (p=0,000). Penting bagi instansi kesehatan untuk mempertahankan dan meningkatkan pelayanannya pada dimensi reliabilitas demi tercapainya kualitas dan kepuasan pasien yang maksimal.


Ketersediaan

S01514K019 / S1.KP.SKP / 2019 - 2020Ilmu KeperawatanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
019 / S1.KP.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail