Image of

Skripsi

"Pola Komunikasi Pada Profesi Marunjuk pernikahan Adat Batak Toba Dalam mempertahankan Identitas Budaya (Studi Etnografi tentang profesi Marunjuk pernikahan Adat Batak Toba)"



ABSTRAK
Rominar Indahyati Silalahi, 45150094, Pola Komunikasi Pada Prosesi Marunjuk Pernikahan Adat Batak Toba Dalam Mempertahankan Identitas Budaya (Studi Etnografi Tentang Prosesi Marunjuk Pernikahan Adat Batak Toba di Majalengka)

Dalam upaya melestarikan dan mempertahankan Identitas budaya Batak Toba di daerah rantau, masyarakat Batak Toba melakukan upacara pernikahan secara adat Batak. Upacara pesta pernikahan adat Batak Toba disebut dengan prosesi Marunjuk. Fokus dalam penelitian ini adalah prosesi Marunjuk dalam pernikahan adat Batak Toba di Majalengka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyampaian pesan serta makna pada tindakan simbolik dalam prosesi Marunjuk dalam mempertahankan identitas budaya Batak Toba. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan studi etnografi komunikasi yang mengharuskan peneliti melakukan penelitian lebih dalam dengan cara observasi dan wawancara secara mendalam yang mengharuskan peneliti mengkaji proses komunikasi yang terjadi. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme yang dikaji dengan teori Interaksi Simbolik. Hasil penelitian ini adalah Pola komunikasi oleh masyarakat Batak Toba, pola komunikasi tersebut terkait dengan proses penyampaian pesan dalam prosesi Marunjuk dapat tersampaikan dengan baik dan makna simbolik dapat dipahami orang Batak Toba dengan makna yang sama sehingga mampu mempertahankan identitas budaya bidaya Batak Toba.
Kata Kunci : Pernikahan, Prosesi Marunjuk, Budaya Adat Batak, Pola Komunikasi, Identitas Budaya


Ketersediaan

S01837K012 / S1.KM.SKP / 2019 - 2020PerpustakaanTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
012 / S1.KM.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail