Image of ANALISIS MEDIA SOSIAL MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI PRODUK UMKM TERAS CIHAMPELAS BANDUNG

Skripsi

ANALISIS MEDIA SOSIAL MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI PRODUK UMKM TERAS CIHAMPELAS BANDUNG



ABSTRAK
Afifudin Alandian (66150008), “Analisis Media Sosial Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Minat Beli Produk UMKM Teras Cihampelas Bandung”
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun daerah, UMKM menjadi salah satu penggerak perekonomian di negara Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan salah satu strategi pemasaran guna mendorong pertumbuhan UMKM di suatu daerah. Media sosial Instagram memiliki pengaruh besar dan penting dalam suatu bisnis, pemanfaatan media sosial dapat berimbas positif bagi pencitraan objek atau destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Media Sosial Melalui Instagram dalam Meningkatkan Minat Beli Produk UMKM Teras Cihampelas Bandung”. Teras Cihampelas Bandung merupakan sarana skywalk yang memiliki panjang sekitar 500 meter di atas Jalan Cihampelas dengan jumlah UMKM sebanyak 192. Akan tetapi, dari tahun 2018 penjualan UMKM di Teras Cihampelas Bandung menurun hingga 70%, hal ini disebabkan minat pembelian produk UMKM Teras Cihampelas menurun, salah satu penyebabnya adalah media sosial Instagram Teras Cihampelas sudah tidak aktif lagi, sehingga tidak ada lagi posting-an mengenai tempat dan produk UMKM Teras Cihampelas. Adapun yang menjadi target populasi adalah pengguna Instagram dan wisatawan yang berkunjung di Teras Cihampelas Bandung, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain pendekatan deskriptif dan pendekatan verifikatif, menggunakan program SPSS yang bertujuan untuk mengukur pengaruh media sosial melalui Instagram terhadap minat beli produk UMKM Teras Cihampelas Bandung serta menggunakan uji hipotesis t untuk mengetahui pengaruh secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan media sosial melalui Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk UMKM Teras Cihampelas Bandung. Teras Cihampelas harus mengaktifkan kembali Instagram-nya sebagai media promosi dan informasi pada masyarakat.

Kata Kunci: Media Sosial Instagram, Minat Beli, UMKM


Ketersediaan

S01909K046 / S1.MJ.SKP / 2019 - 2020ManajemenTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
046 / S1.MJ.SKP / 2019 - 2020
Penerbit Universitas ARS : Universitas ARS.,
ISBN/ISSN
-
Judul Seri
-
Deskripsi Fisik
-
Subyek

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail