Image of PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN 
PEMBELIAN ONLINE SHOPPING YANG DIMEDIASI OLEH 
KEPERCAYAAN KONSUMEN

Skripsi

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOPPING YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN KONSUMEN



ABSTRAK
Alisia Nunik Musarofah (66170105), Pengaruh Online Customer Review
Terhadap Keputusan Pembelian Online Shopping Yang Dimediasi Oleh
Kepercayaan Konsumen Pada Masyarakat Kecamatan BojongPicung
Penggunaan platform online shopping telah meningkat sejak perkembangan dan
kemajuan teknologi internet mudah diakses. Hal tersebut menimbulkan perubahan
perilaku dan gaya hidup masyarakat yang semakin menjadi praktis ditambah
mobilitas yang besar memaksa masyarakat mencari solusi yang paling mudah, salah
satu contoh dapat dilihat dari kebiasaan masyarakat yang saat ini lebih gemar
berbelanja online dari pada berbelanja lansung kepasar. Sifat keinformatifan
menjadi kunci dalam keputusan pembelian online, masyarakat seringkali mencari
informasi terlebih dahulu produk yang akan mereka beli dan online customer review
menjadi salah satu sumber informasi yang dapat diandalkan. Mereka mewakili
konsumen dengan berbagai pengalaman dan evaluasi produk tersebut, sehingga
menimbulkan opini yang membentuk kepercayaan konsumen dan akhirnya
menciptakan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian online shopping
yang dimediasi oleh kepercayaan konsumen dan kemudian penelitian ini
menggunakanan metode pendekatan penelitian deskriptif dan verifikatif dengan
model penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat
Kecamatan Bojongpicung Cianjur yang pernah atau sering melakukan transaksi
berbelanja online pada aplikasi online. Sampel yang digunakan sebanyak 100
responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data
yang digunakan adalah path analysis dengan bantuan software smartPLS 3.0 . Hasil
penelitian menunjukkan bahwa online customer review berpengatuh positif dan
signifikan terhadap kepercayaan konsumen, online customer review berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online shopping, kepercayaan
konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online
shopping dan online customer review melalui kepercayaan konsumen berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online shopping.

ABSTRACT
Alisia Nunik Musarofah (66170105), The Influence of Online Customer Review
On Online Shopping Purchasing Decisions, Mediated By Customer Trust On the
people of Bojongpicung Cianjur District
The use of online shopping platforms has increased since the development and
advancement of internet technology is easily accessible. This has led to changes in
people's behavior and lifestyle which are increasingly becoming practical and then
great mobility forcing people to find the easiest solution, one example can be seen
from the habits of people who currently prefer to do online shopping rather than
shopping directly at the market. Informativeness is the key in online purchasing
decisions, people often seek information beforehand on the products they will buy
and online customer reviews are a reliable source of information. They represent
consumers with various experiences and evaluations of the product, thereby
generating opinions that shape consumer confidence and ultimately create
purchasing decisions. This study aims to determine the effect of online customer
reviews on online shopping purchasing decisions mediated by consumer trust and
then this study uses a descriptive and verification research approach with a
quantitative research model. The population in this study is the people of
Bojongpicung Cianjur District who have or often do online shopping transactions
on online applications. The sample used was 100 respondents who were determined
by purposive sampling technique. The data analysis technique used is path analysis
with the help of smartPLS 3.0 software. The results show that online customer
reviews have a positive and significant impact on consumer trust, online customer
reviews have a positive and significant impact on online shopping purchasing
decisions, consumer trust has a positive and significant impact on online shopping
purchasing decisions and online customer reviews through consumer trust have a
positive and significant effect on online shopping purchasing decisions


Ketersediaan

S02221K006/S1.MJ.SKP/2020-2021ManajemenTersedia

Informasi Detail

Nomor Serial
006/S1.MJ.SKP/2020-2021
Penerbit : .,
ISBN/ISSN
-

Versi lain

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL DOKUMEN


Kembali ke sebelumnyaXML Detail