Detail Dokumen
Pencarian SpesifikSkripsi
METODE CASE-BASED REASONING UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SISWA BERBASIS WEBSITE DI SMP IT DAARUL HIKMAH
Abstrak
Pencapaian keberhasilan peserta didik dengan budi pekerti yang luhur memerlukan
peran pendidik dan orang tua yang memahami aspek penting dalam mendidik
siswa. Suatu identifikasi kepribadian memudahkan pengambilan langkah
selanjutnya dalam mendidik anak agar dapat menerapkan nilai-nilai kehidupan
dengan baik. Mekanisme penanganan kepribadian siswa di SMP IT Daarul Hikmah
saat ini masih menggunakan metode observasi secara langung yang kurang
terkoordinasi dengan baik antara orang tua siswa dengan pihak sekolah. Pada
penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Case-Based Reasoning (CBR)
berbasis website dalam mengidentifikasi kepribadian siswa di SMP IT Daarul
Hikmah. Tahapan pengembangan sistem pakar dengan metode CBR tersebut
menggunakan model Expert System Development Life Cycle (ESDLC). Kemudian
dilakukan pembangunan website dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data
MySQL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem pakar
menggunakan metode CBR melakukan perhitungan identifikasi kepribadian siswa
berdasarkan nilai kemiripan dari kasus baru yang dikaji sesuai dengan bidang
keilmuan psikologis. Sistem pakar tersebut memudahkan para orang tua siswa
dalam melakukan konsultasi atau diagnosa awal kepribadian anaknya yang
mengenyam pendidikan di SMP IT Daarul Hikmah dengan pendataan kasus yang
lebih terkoordinasi. Pada hasil evaluasi pengguna terhadap sistem pakar yang telah
dikembangkan menunjukkan bukti bahwa responden memberikan umpan balik
dengan rata-rata tingkat kepuasan pada kategori baik.
Ketersediaan
S02359K | 008/S1.SI.SKP/2021-2022 | Sistem Informasi | Tersedia |
Informasi Detail
Nomor Serial |
008/S1.SI.SKP/2021-2022
|
---|---|
Penerbit | : ., 2021/2022 |
ISBN/ISSN |
-
|
Judul Seri |
-
|
---|---|
Deskripsi Fisik |
-
|
Subyek |
Versi lain
Tidak tersedia versi lain